Peran Bursa Efek Indonesia dalam Menopang Perekonomian

peran bursa efek

Investasi kini menjadi salah satu kegiatan yang banyak masyarakat lakukan. Hal itu karen masarakat kini mulai menyadari tentang pentingnya melakukan investasi bagi masa depan. Investasi tersebut akan menyebabkan terjadinya perputaran dana yang membuat investor bisa mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut bisa dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Ada banyak instrumen ivestasi yang bisa investor pilih untuk menanamkan modalnya. Instrumen investasi tersebut antara lain saham, reksa dana, obligasi, cryptocurrency, dan lain masih banyak lainnya. Selain bentuk investasinya, para investor juga harus mengetahui di mana mereka akan melakukan investasi

Salah satu tempat yang bisa investor pilih adalah bursa efek. Bursa efek ini memliki peran dalam menpang perekonomian Indonesia. Itu karena jika terjadi perubahan pada stabilitas efek di bursa, maka perekonomian Indonesia juga akan mengalami dampaknya. Berikut ini adalah ulasan mengenai peran bursa efek Indonesia dalam menopang perekonomian.

Apa Itu Bursa Efek Indonesia

Taukah anda apa itu bursa efek Indonesia? Bursa efek Indonesia merupakan sebuah lembaga resmi dari pemerintah indonesia yang memiliki tugas dalam memfasilitasi segala transaksi jual beli efek perusahaan. Secara singkatnya, Bursa Efek Indonesia merupakan tempat jual beli efek di Indonesia.

Seperti sebuah pasar, bursa efek sendiri merupakan tempat untuk melakukan kegiatan transaksi efek seperti pembelian, penjualan, pertukaran, hingga melakukan percetakan saham perusahaan secara publik. Dengan adanya bursa efek, pelaku investasi tersebut dapat melakukan transaksi surat-surat berharga seperti saham dan obligasi dengan aman dan risiko operasional nol atau rendah.

Sejarah Singkat Bursa Efek Indonesia

Bursa efek atau pasar modal sendiri sebenarnya telah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, yaitu sejak zaman kolonial belanda tahun 1912 di Batavia. Bursa efek tersebut pemerintahan Hindia Belanda dirikan untuk kepentingan pemerintah kolonial. Meskipun bursa efek telah terbentuk pada tahun 1912, perkembanagn bursa efek tersebut tidak berjalan dengan lancar bahkan pernah mengalami kekosongan selama beberapa periode.

Baca Juga :  Cara Daftar E-Katalog: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Kekosongan bursa efek tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti adanya perang dunia ke I dan perang dunia ke II, serta berbagai macam kondisi yang menyebabkan bursa efek tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hingga pada tahun 1977, Pemerintah Repubik Indonesia mengoperasikan kembali bursa efek tersebut. Bebrapa tahun kemudian bursa efek di indonesia mengalami pertumbuhan karena adanya insentif dan berbagai regulasi yang pemerintah keluarkan.

Sampai dengan tahun 1988, bursa efek di indonesia mengalami kemunduran. Itu karena hanya ada sedikit perusahaan yang terdaftar ke dalam busa efek tersebut, yaitu hanya 24 perusahaan saja selama 4 tahun dan tidak ada tambahan perusahaan baru. Hal tersebut terjadi karena masyarakat lebih tertarik pada instrumen perbangkan daripada bursa efek.

Pada tahun 1990 mulai banyak perusahaan yang terdaftar pada bursa efek sehingga totalnya menjadi 225 perusahaan. Bursa efek pun berkembang dan banyak mengalami perubahan. Sampai pada tahun 2007 ditetapkanlan nama untuk bursa efek yang ada di indoensia menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Manfaat Bursa Efek Indonesia

Bursa efek memiliki beragam manfaat baik itu untuk negara serta para investor dan masyarakat. Berikut inilah manfaat bursa efek Indonesia.

  • Menjadi salah satu sumber pendapatan negara

bursa efek memiliki namfaat utama bagi perekonomian negara yaitu menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Pendapatan yang negara dapatkan dari bursa efek berasal dari pajaknya. Itu karena setiap transaksi pada bursa efek yang terkena pajak, uang pajak tersebut akan masuk ke kas negara. Sehingga pajak bursa efek tersebut menjadi pendapatan negara.

  • Membantu menjalankan roda perekonomian

Bursa efek juga memiliki manfaat untuk membantu roda perekonomian masyarakat. Itu karena dengan bertambahnya investor yang membeli saham pada perusahaan yang telah terdaftar di bursa efek, maka perusahaan tersebut akan memiliki pendapatan baru sehingga mereka bisa memperluas bisnisnya. Tumbuhnya perusahan-perusahaan tersebut juga akan mendorong kemajuan ekonomi negara Indonesia. Jika perusahaan berkembang semakin besar, maka lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga akan bisa meningkat.

  • Menarik investor asing

Bursa efek juga bisa menarik para investor asing untuk melakukan investasi di dalam negeri. Jika bursa efek dapat terkelola dengan baik, maka akan ada banyak investor asing yang tertarik untuk menanamkan modal yang mereka miliki di Indonesia. Dengan banyaknya investor asing yang berinvestasi, maka perusahaan yang ada di Indonesia akan berkembang dengan lebih luas dan perekonomian Indonesia akan semakin maju.

  • Investor mendapatkan keuntungan

Bursa efek juga akan membuat para investor mendapatkan keuntungan. Tujuan dari para investor tersebut melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu keuntungan yang bisa investor dapatkan adalah dividen dari investasi saham mereka di bursa efek. Apabila saham yang investor investasikan nilainya meningkat di bursa efek, maka investor tersebut akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

  • Menambah alternatif investasi

Bursa efek juga akan menambah alternatif investasi yang bisa anda lakukan. Anda bisa melakukan investasi di bursa efek tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Sehingga anda bisa melakukan investasi di bursa efek dengan mudah.

Baca Juga :  Memulai Bisnis Jus Buah: Peluang yang Cukup Menguntungkan

Produk yang Ada pada Bursa Efek Indonesia

Di dalam bursa efek Indonesia terdapat beberapa produk instrumen investasi yang mereka perjual belikan. Berikut ini adalah produk yang ada pada bursa efek Indonesia.

Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang paling populer di bursa efek. Anda akan bisa mendapatkan dividen jika anda melakukan investasi saham di bursa efek. Saham sendiri merupakan surat bukti kepemilikian seseorang terhadap modal yang ada di suatu perusahaan. Sehingga anda akan berhak untuk mendapatkan dividen atau keuntungan yang perusahaan peroleh yang akan perusahaan bagikan kepada para pemilik saham. Semakin besar saham yang anda miliki, maka akan semakin besar pula dividen yang akan anda dapatkan dari perusahaan.

Reksa dana

Selain saham, terdapat juga instrumen investasi reksa dana pada bursa efek. Jika anda ingin melakukan investasi pada reksa dana, dana investasi tersebut dapat anda percayakan kepada manajer investasi untuk melakukan investasi di bursa efek. Anda tentunya harus memilih manajer investasi yang terpercaya dan telah terdaftar secara resmi di Otorias Jasa dan Keuangan (OJK).

Obligasi

Obligasi sendiri merupakan surat hutang. Surat hutang tersebut dapat anda beli melalui bursa efek. Surat tersebut merupaan pernyataan hutang dari penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika melakukan investasi obligasi adalah kupon yang terbagi menjadi kupon fixed dan kupon floating.

Deriviatif

Deriviatif merupakan instrumen investasi berupa surat berharga yang berasal dari turunan saham atau obligasi. Instrumen ini sendiri kurang populer di masyarakat dibandingan dengan ketiga instrumen bursa efek sebelumnya. Terdapat dua jenis derivatif yang bis anda temui pada bursa efek, yaitu warrant dan right.

Nah, itulah ulasan mengenai peran bursa efek indonesia dalam menopang perekonomian di Indonesia. Tentunya bursa efek memiliki peran yang besar dalam perekonomian Indonesia karena memiliki beragam manfaat. Dengan banyaknya produk yang ada di bursa efek, maka ekonomi negara akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga :  Inilah Ulasan Mengenai Media Pemasaran Online

 

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *