Bisnis memasak adalah salah satu bisnis yang  tidak pernah mati. Inovasi makanan dan bisnis kuliner menjadi semakin unik seperti yang kita lihat saat ini. Bisnis alternatif  di bidang makanan adalah  makanan beku atau frozen food. Pecinta makanan beku sering diminati konsumen karena mudah disimpan, memiliki daya simpan yang cukup lama, dan mudah diolah.

Peluang bisnis juga besar, dan kami telah menerima permintaan dari banyak orang untuk bisnis makanan beku. Kamu bahkan bisa memulainya dari rumah. Selain nugget, kentang dan ikan, ada banyak makanan yang bisa diolah menjadi makanan beku.

Sebelum  memulai bisnis, kenali dulu apa itu frozen food! Makanan beku adalah makanan yang telah disimpan dalam keadaan beku setelah diproses untuk memperpanjang umur simpan produk dengan menghambat pertumbuhan mikroba, reaksi enzimatik dan kimia, serta untuk menjaga keamanan dan kualitas produk. Selain itu anda juga bisa simak Investasi Syariah yang tentunya menarik lho.

Berikut serangkaian tips bisnis frozen food yang bisa kamu coba!

Identifikasi dan pertimbangan produk yang akan dijual

Sebelum memulai bisnis makanan beku, Kamu harus terlebih dahulu memutuskan produk mana yang akan Kamu jual. Ada begitu banyak pilihan produk  beku yang tersedia untuk dijual saat ini. Seperti nugget, tahu bakso, dim sum, es krim atau produk olahan daging lainnya yang  mudah dan nyaman untuk diolah. Para pebisnis perlu mengetahui unique selling point (USP) dari produk yang mereka tawarkan.

Selain itu, Kamu harus mempelajari cara menyiapkan dan menyiapkan makanan ini, bahan-bahan yang dibutuhkan, dan cara membekukannya dengan benar. Pelajari suhu yang tepat untuk membekukan makanan, pengemasan yang tepat, dan banyak lagi. Setiap bahan makanan tentunya memiliki cara pengolahan yang berbeda-beda. Untuk melakukan ini, Kamu perlu melakukan riset menyeluruh untuk menemukan produk yang diminati banyak orang dan dapat menghasilkan keuntungan yang sesuai.

Pelajari juga : Pengertian Investasi Syariah

 

Tentukan target pasar

Selanjutnya, kenali target pasar yang ingin Kamu jangkau. Pengecer, grosir, perusahaan makanan, dll. Kamu perlu menciptakan kepribadian target pasar yang jelas sehingga Kamu dapat menargetkan strategi pemasaran, media pemasaran, konten, dan  lainnya dengan lebih baik.

 

 

Siapkan peralatan yang diperlukan

Siapkan peralatan yang secara khusus diperlukan untuk membekukan makanan. Jangan ragu untuk membeli perlengkapan berkualitas tinggi agar tidak mudah rusak. Jika peralatan rentan terhadap kerusakan, biaya perbaikan yang diperlukan biasanya tidak sedikit, sehingga seringnya peralatan rusak juga dapat mengganggu proses produksi. Meskipun kebutuhan modal untuk membeli peralatan baru  cukup besar,  peralatan bekas  yang berkualitas baik dapat dicari. Peralatan yang digunakan untuk mengoperasikan toko makanan beku meliputi:

  • Pembeku (freezer)
  • Kemasan makanan beku
  • mesin pengepakan vakum
  • alat press kemasan

Juga peralatan untuk memproduksi produk seperti panci, wajan, spatula, kompor gas, blender dan chopper.

 

Pikirkan tentang cara berkemas

Pengemasan sangat penting dan mempengaruhi kualitas makanan dan umur simpan. Karena itu, pastikan untuk menggunakan makanan beku plastik khusus  yang tidak memiliki pori-pori. Kami juga menggunakan mesin vakum untuk mengeluarkan udara di dalam kemasan. Makanan beku harus dalam keadaan tertutup rapat dan dikemas kedap udara. Tujuannya adalah untuk mencegah masuknya bakteri dan zat asing lainnya dan untuk memastikan bahwa toleransi makanan terjaga dengan baik.

Pelajari juga : Pengertian Investasi Syariah

Ingatlah untuk memberi label pada paket Kamu dan memberi label pada paket makanan Kamu dengan informasi tanggal kedaluwarsa produk. Dengan menyertakan desain logo dan desain kemasan, Kamu bisa membuatnya lebih menarik dari sekedar polos. Coba lihat juga Investasi Syariah agar anda bisa mempelajari instrumen bisnis lainnya yang halal.

Itulah beberapa ulasan yang bisa Rudius Media berikan, semoga berguna untuk anda yang sedang memulai bisnis.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *