manajemen keuangan

Ulasan Tentang Manajemen Keuangan

Dalam sebuah perusahaan, keuangan menjadai salah satu pondasi yang sangat penting agar perusahaan tetap dapat berjalan dengan baik. Itu karena keuangan menjadi salah satu penentu apakah perusahaan tersebut masih dapat berjalan atau tidak. Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat kondisi perusahaan baik juga. Sehingg di dalam perusahaan, anda membutuhkan satu bidang khusus yang tugasnya hanya fokus untuk mengelola keuangan perusahaan yaitu manajemen keuangan.

Agar anda bisa memahami manajemen keuangan dengan baik, berikut ini adalah pengertian dari manajemen keuangan, tujuan, prinsip, serta tips mengelola. Jika anda mengetahui hal-hal tersebut dengan baik, anda akan bisa meningkatkan laba dari perusahaan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian manajemen keuangan sendiri merupakan pengelolaan keuangan yang mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan dan pemeliharaan dana tersebut. Selain itu, peran manajemen keuangan juga terletak pada perencanaan keuangan dan pengelolaan aset perusahaan. Agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, manajemen keuangan harus bisa merencanakan pengelolaan keuangan perusahaan dengan baik.

Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan haruslah memiliki tujuan yang jelas dalam keuangan perusahaan. Berikut ini merupakan tujuan manajemen keuangan, antara lain:

  1. Menjaga arus kas perusahaan

Arus kas yang ada di perusahaan haruslah manajer keuangan pantau secara terus menerus. Hal itu agar ia bisa menghindari membengkaknya pengeluaran perusahaan. Pengeluaran yang membengkak tersebut dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Aliran kas tersebut biasanya perusahaan gunakan untuk membeli bahan baku, memberikan gaji karyawan, dap pengeluaran perusahaan yang lain.

  1. Mengoptimalkan keuangan perusahaan

Selain untuk mengawasi keuangan, manajer keuangan juga memiliki tugas untuk mengetahui aktivitas anggaran dana. Sehingga jika ada anggaran dana yang tidak menguntungkan bagi perusahaan, anda dapat menghilangkannya dan menggantinya untuk kegiatan lain yang lebih menguntungkan bagi perusahaan.

  1. Memaksimalkan keuntungan

Manajer keuangan haruslah bisa membuat perencanaan keuangan yang tepat. Sehingga keuntungan yang akan perusahaan dapatkan menjadi lebih maksimal dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Menyiapkan struktur modal

Manajer perusahaan haruslah bisa memperhitungkan struktur modal perusahaan. Sehingga modal yang perusahaan dapatkan haruslah seimbang antara anggaran yang telah perusahaan miliki dengan dana yang perusahaan pinjam.

  1. Mengurangi risiko operasional

Manajer prusahaan harus bisa mengambil keputusan yang tepat terkait dengan keuangan perusahaan. Karena keputusan tersebut akan sangat mempengaruhi kelangsungan dari perusahaan.

  1. Mengurangi biaya modal

Manajer keuangan haruslah bisa mengatur keuangan perusahaan sedemikian rupa dengan tepat sehingga dapat meminimalisir penggunaan modal dalam perusahaan tanpa harus menurunkan tingkat keuntungan yang perusahaan raih.

  1. Meningkatkan efisiensi

Dengan melakukan penganggaran dana yang tepat dalam semua aspek perusahaan, efisiensi dana perusahan akan bisa mengingkat secara terus menerus.

  1. Memastikan keberlangsungan perusahaan

Manajer keuangan memiliku peranan penting dalam menentukan keberlagsuangan sebuah perusahaan. Setiap keputusan yang manajemen keuangan ambil akan sangat mempengaruhi kondisi perusahaan. Jika mengambil keputusan dengan tepat, perusahaan akan dapat bertahan. Begitu pula sebaliknya, jika tidak mengambil keputusan dengan berhati-hati dapat menyebabkan perusahaan menjadi bangkrut.

Prinsip Manajemen Keuangan

Terdapat beberapa prinsip manajemen keuangan yang harus perusahaan terapkan. Prinsip tersebut antara lain:

  • Akuntabilitas

Akuntabilitas merupakan sebuah kewajiban moral dan hukum yang melekat pada sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui dari mana dana tersebut berasal, dana tersebut digunakan untuk apa dan bagaimana perusahaan menggunakan dana tersebut. Semua pihak dan entitas di perusahaan harus tahu bagaimana dana terseput gunakan.

  • Konsistensi

Dalam pengelolaan keuangan perusahaan haruslah manajer keuangan lakukan dengan konsisten. Namun, itu kukan bererti perusahaan tidak bisa mengganti sistem keuangan yang telah berjalan. Dengan adanya pergantian tersebut, dapat menjadi sebuah penanda bahwa terdapat penggunaan dana yang tidak stabil dalam perusahaan.

  • Kelangsungan hidup

Manajer keuangan haruslah bisa merencanakan keuangan perusahaan dengan baik. Sehingga perusahan bisa dapat berjalan dan bersaing dalam dunia bisnis. Perencanaan keuangan tersebut haruslah sejalan dengan strategi keuangan perusahaan yang tepat.

  • Transparansi

Perusahaan harus bisa transparan dan terbuka terkait dengan keuangan perusahaan. Persahaan haruslah menyediakan informasi tentang aktivitas perusahaan dengan orang yang memiliki kepentingan pada perusahaan. Informasi yang transparan tersebut berupa rincian keuangan yang akurat, rapi dan juga lengkap.

  • Standar akuntansi

Di dalam setiap perusahaan, sistem akutansi yang berlaku haruslah sama. Itu artinya, semua akuntan yang ada di seluruh dunia dapat memahami dan mengerti mengenai sistem akuntansi yang sama. Sehingga setiap perusahaan akan membuat laporan akuntansi dengan format yang sama sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  • Integritas

Setiap catatan ataupun laporan keuangan haruslah memiliki integritas yang baik sehingga dalam proses penyususnannya lapran tersebut haruslah lengkap dan akurat serta dibuat dengan cermat dan teliti.

  • Pengelolaan

Perusahaan haruslah bisa mengelola keuangannya dengan cara yang tepat. Dana yang perusahaan anggarkan tersebut haruslah perusahaan guanakan sesuai dengan tujuan dan rencana keuangan yang telah perusahaan buat sebelumnya.

Tips Mengelola Manajemen Keuangan

Setelah anda mengetahui apa saja tujuan manajemen keuangan dan prinsip manajemen keuangan, anda juga perlu mengetahui baimana tips dalam mengelola manajemen keuangan yang baik. Berikut ini andalah beberapa tips mengelola manajemen keuangan.

  • Pisahkan rekening pribadi dengan rekening perusahaan

Penting sekali untuk memisahkan uang pribadi dengan uang perusahaan. Hal tersebut memiliki manfaat agar kedaan keuangan perusahaan dapat terukur dengan sesuai. Serta hal tersebut bisa menghindari timbulnya penyelahgunaan keuangan perusahaan.

  • Alokasikan gaji bagi pemilik perusahaan

Meskipun memiliki sebauh perusahaan, pemilih tersebut juga akan mendapatkan gaji. Manajer keunagan haruslah bisa mengalokasikan dana khusus untuk memberkan gaji kepada pemiliki perusahaan.

  • Buatlah laporan keuangan

Agar keuangan tersebut dapat perusahaan kelola dengan baik, penting sekali untuk membuat laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan, perusahaan dapat mengetahui apkah bisnisnya tersebut mengalami kerugian ataupun keuntungan.

  • Buatlah catatan proyeksi arus kas

Penting sekali untuk membuat catatan proyeksi arus kas perusahaan. Dengan adanya hal tersebut, perusahaan akan bisa mengetahui kapan perusahaan harus mengeluarkan dana kasnya dan kapan waktunya untuk menerima dana tersebut.

  • Jangan biarkan uang berusahan ada di karyawan dalam waktu lama

Jangan sekali-kali anda membiarkan dana peusahaan terbawa oleh karyawan yang tugasnya mengatur keuangan perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut bisa saja membuat karyawan tersebut menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadinya. Sehingga perusahaan akan bisa mengalami kerugian.

  • Cek stock barang

Jangan lupa untuk mengecek stock barang secara rutin atau berkala. Hal tersebut akan meminimalisir adanya manipulasi stock barang. Seringkali terjadi bahwa stock barang telah habis tetapi masih terdapat tulisan bahwa barang tersebut masih ada.

Kesimpulan

Untuk mengatur manajemen keuangan di sebuh perusahan sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk melakukan manajemen kuangan perusahaan dengan baik, yang paling utama adalah anda harus bisa mengelola keuangan perusahaan dengan baik, transparansi dalam pengelolaan keuangan dan juga kejujuran. Itu karena keuangan dalam perusasaan sangat rentan mengalami manipulasi. Untuk itu, anda dapat mempelajari tips pengelolaan manajemen yang baik tersebut.

About admin 2

Check Also

bisnis kue kering

Inilah Cara Memulai Bisnis Kue Kering Untuk Anda

Rudius Media –¬†Bisnis kue kering merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Pasar kue kering sangat …

bisnis fashion muslim

Inilah Cara Memulai Bisnis Fashion Muslim Untuk Anda

Rudius Media – Bisnis fashion muslim semakin berkembang dan populer di seluruh dunia, termasuk di …