4 Alasan Berinvestasi di Reksadana yang Lebih Menguntungkan

4 Alasan Berinvestasi di Reksadana yang Lebih Menguntungkan

Investasi bisa siapa saja lakukan tanpa harus memiliki uang yang sangat banyak. Berkat kecanggihan teknologi saat ini, anda bisa melakukan investasi dengan mudah dan percaya diri meskipun anda memiliki modal yang terbatas. Salah satu instrumen investasi yang bisa anda pilih adalah investasi reksadana. Investasi reksadana ini terbilang cukup populer di kalangan para investror.

Investasi reksadana lebih menguntungkan bagi investor pemula. Itu karena investasi reksadana menrupakan salah satu instrumen investasi yang membuat anda bisa mengelola dana investasi anda dengan menggunakan bantuan dari manajer investasi atau MI. Manajer investas tersebut akan sangat memudahkan anda sebagai investor untuk mempelajari seluk beluk dari investasi, dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan atau profit yang tinggi hingga cara untuk mengatasi kerugiannya.

Berikut ini adalah alasan mengapa investasi reksadana merupakan investasi yang memiliki banyak keuntungan bagi para investor pemula. Antara lain:

Memiliki Informasi yang Transparan

Sebgaai seorang pemula dalam investasi, sangatlah wajar jika anda merasa khawatir terhadap dana yang telah anda investasikan untuk manajer investasi kelola. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali kasus investasi bodong yang nilai kerugian nasabahnya mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Jika anda melakukan investasi reksadana yang berasal dari lembaga investasi keuangan yang telah berpengalaman dan telah terdaftar serta diawasi oleh ojk, anda bisa meminimalisir risiko kerugian tersebut.

Sebagai invsetor yang mempercayakan uangnya kepada lembaga investasi tersebut, ada berhak untuk mendapatkan akses yang dapat anda gunakan untuk memantau investasi yang anda lakukan. Anda dapat dengan mudah mengetahui perkembangan investai anda secara online melalui website ataupun aplikasi yang pihak lembaga investasi sediakan.

Terjangkaunya Setoran Awal Investasi

Dengan memilih instrumen investasi reksadana, anda tidak perlu khawatir jika harus mengeluarkan setoran awal investasi yang besar. Itu karena beberapa instrumen investasi seperti reksadana telah memberikan syarat setoran awal yang tentunya cukup terjangkau. Beberapa lembaga investasi reksadana bahkah memberikan syarat setoran awal terendahnya hanyalah 10 ribu rupiah saja.

Baca Juga :  Tujuan dari Donasi Perlindungan Anak

Meskipun setoran awalnya cukup murah, anda juga harus bisa memahami bahwa keuntungan yang akan anda dapatkan juga sedikit. Selain itu anda juga harus menunggu dalam waktu yang cukup lama agar anda bisa memperoleh keuntungan seperti yang anda harapkan. Hal itu tentunya sesuai dengan prinsip dari investasi yaitu semakin kecil modal investasi, maka akan semakin kecil juga profitnya dan semakin besar modal investasi maka akan semakin besar juga profitnya.

Melakukan Transaksi dengan Lebih Mudah

Dengan memilih instrumen investasi reksadana, anda juga bisa melakukan transaksi investasi dengan sangat mudah. Dengan berkembangnya teknologi digital anda hanya memerlukan smartphone yang anda miliki untuk melakukan investasi. Sejumlah lembaga investasi telah menyediakan aplikasi yang memudahkan anda untuk melakukan investasi kapan saja dan di mana saja. Tentunya itu akan sangat memudahkan anda yang sibuk dengan pekerjaan utama anda dan tidak sempat pergi ke kantor lembaga investasi tersebut.

Adanya Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan

Saat melakukan investasi, anda juga harus mempertimbangkan keamanan dari investasi tersebut. Anda harus mengecek apakah lembaga investasi tersebut telah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Jika lembaga tersebut telah terdaftar secara resmi di OJK, maka lembaga investasi tersebut aman. Reksadana sendiri sudah terdaftar sebagai investasi resmi dan pengawasannya dilakukan oleh OJK. Meskipun begitu, tidak semua lembaga investasi telah memenuhi syarat dari OJK sehingga anda perlu melakukan pemeriksaan pada lembaga investasi sebelum mengeinvestasikan uang anda kepada mereka.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan jika anda melakukan investasi reksadana. Sekian dari Rudius Media, semoga bermanfaat ya!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *