Cara Mengatasi Data Galeri Sangat Besar pada Oppo A5s

cara mengatasi data galeri sangat besar

Hai Sobat Rudius Media! Siapa yang tidak kesulitan saat penyimpanan galeri di smartphone Oppo A5s sudah hampir penuh? Terkadang, kamu merasa sudah menghapus beberapa file, tapi kapasitas penyimpanan galeri tetap besar. Hal ini tentu sangat mengganggu dan menyebalkan, apalagi jika kamu sering mengambil foto atau video dengan smartphone tersebut. Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel kali ini, saya akan memberikan tips dan cara mengatasi data galeri sangat besar pada Oppo A5s. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

1. Membersihkan File yang Tidak Diperlukan

Cara paling mudah untuk mengatasi data galeri yang besar pada Oppo A5s adalah dengan membersihkan file-file yang tidak diperlukan. Kamu bisa menghapus file yang sudah tidak terpakai atau duplikat. Dengan begitu, kapasitas penyimpanan galeri akan berkurang dan kamu akan memiliki ruang penyimpanan yang lebih lega.

2. Hapus File Duplikat

Selain membersihkan file yang tidak diperlukan, kamu juga bisa menghapus file duplikat untuk mengurangi kapasitas penyimpanan galeri pada Oppo A5s. File duplikat biasanya muncul ketika kamu mengambil foto atau video dalam jumlah banyak, sehingga membuat beberapa file terduplikat.

Untuk menghapus file duplikat, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Files atau Clean Master. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu memindai file duplikat dan menghapusnya dengan cepat.

3. Bersihkan Memori Cache

Memori cache yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan penyimpanan galeri pada Oppo A5s menjadi besar. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan memori cache secara berkala untuk mengurangi kapasitas penyimpanan galeri.

Untuk membersihkan memori cache, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache-nya. Setelah itu, pilih ‘Hapus Cache’ atau ‘Hapus Data Cache’.

Baca Juga :  Inilah Cara Mudah Daftar Kartu IM3 Untuk Anda

4. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Jika penyimpanan galeri pada Oppo A5s sudah hampir penuh, kamu juga bisa memindahkan file ke memori eksternal. Kamu bisa membeli memori eksternal dengan kapasitas besar untuk menyimpan file-file penting.

Untuk memindahkan file ke memori eksternal, kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan dari Oppo A5s atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Files atau Solid Explorer.

5. Backup File ke Cloud

Jika kamu tidak ingin membeli memori eksternal, kamu juga bisa backup file ke cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan backup file ke cloud, kamu tidak perlu khawatir kehilangan file jika Oppo A5s mengalami kerusakan atau kehilangan.

6. Gunakan Fitur Hapus Otomatis

Untuk mengurangi kapasitas penyimpanan galeri pada Oppo A5s, kamu bisa menggunakan fitur hapus otomatis. Fitur ini dapat menghapus file yang sudah tertentu, seperti file yang sudah lebih dari 30 hari atau file yang sudah terhapus dari folder ‘Recycle Bin’.

Untuk mengaktifkan fitur hapus otomatis, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Galeri. Kemudian, pilih ‘Hapus Otomatis’ dan atur waktu penghapusan file.

7. Kurangi Ukuran Foto dan Video

Jika kamu sering mengambil foto atau video dengan Oppo A5s, kamu juga bisa mengurangi ukuran foto dan video untuk mengurangi kapasitas penyimpanan galeri. Kamu bisa mengatur kualitas foto dan video menjadi lebih rendah agar ukuran file menjadi lebih kecil.

Untuk mengatur kualitas foto dan video, kamu bisa masuk ke Pengaturan Kamera > Kualitas Foto atau Kualitas Video. Kemudian, pilih kualitas yang lebih rendah.

8. Reset Smartphone

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi data galeri sangat besar pada Oppo A5s, kamu bisa mencoba cara terakhir yaitu reset smartphone. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan kamu sudah membackup semua file yang penting.

Baca Juga :  Inilah Cara Memperbaiki WiFi yang Tidak Connect ke Laptop

Untuk melakukan reset smartphone, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Cadangkan dan Setel Ulang > Setel Ulang Pabrik. Kemudian, pilih ‘Reset Telepon’ atau ‘Reset Data’.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi data galeri sangat besar pada Oppo A5s yang dapat kamu lakukan. Jangan lupa untuk membersihkan file yang tidak diperlukan, menghapus file duplikat, membersihkan memori cache, memindahkan file ke memori eksternal, backup file ke cloud, menggunakan fitur hapus otomatis, mengurangi ukuran foto dan video, dan melakukan reset smartphone jika diperlukan.

Ingat, jangan terlalu memaksakan penyimpanan galeri pada smartphone kamu, karena hal ini dapat membuat kinerja smartphone menjadi lambat dan lemot. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *