Inilah Cara Cek Status Pendaftaran DTKS yang Bisa Anda Lakukan

cara cek status pendaftaran DTKS

Sobat Rudius Media, hai! Apakah kamu sudah terdaftar sebagai penerima bantuan Dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (DTKS)? Jika sudah, pastikan kamu memeriksa status pendaftaranmu secara berkala. Hal ini penting agar kamu dapat memastikan apakah data yang tercatat benar-benar sesuai dengan identitasmu. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk cek status pendaftaran DTKS.

Melalui Website Resmi DTKS

Cara termudah untuk mengecek status pendaftaran DTKS adalah melalui website resmi DTKS di https://dtks.kemendesa.go.id/. Kamu hanya perlu mengklik menu “Cek Pendaftaran” dan memasukkan nomor NIK serta kode keamanan yang tersedia. Setelah itu, kamu akan langsung mengetahui status pendaftaranmu.

Namun, jika kamu mengalami kesulitan atau ada kendala teknis, kamu bisa langsung menghubungi nomor kontak yang tertera di website tersebut untuk mendapatkan bantuan.

Melalui Aplikasi e-DTKS

Selain melalui website resmi DTKS, kamu juga bisa memeriksa status pendaftaranmu melalui aplikasi e-DTks yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, kamu bisa langsung login menggunakan nomor NIK dan kata sandi yang sudah dibuat saat pendaftaran.

Dalam aplikasi ini, kamu juga bisa mengecek informasi lainnya seperti data keluarga, riwayat bantuan, dan sebagainya. Pastikan kamu memperbarui data secara berkala agar tidak terlewatkan informasi penting.

Menghubungi Pihak Terkait

Jika kamu masih mengalami kesulitan dalam mengecek status pendaftaran DTKS, kamu bisa langsung menghubungi pihak terkait seperti Kantor Desa atau Kelurahan terdekat, Dinas Sosial di lingkunganmu, atau langsung ke kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Pastikan kamu membawa dokumen identitas asli dan bukti pendaftaran saat mengunjungi pihak terkait untuk mempercepat proses pengecekan.

Baca Juga :  Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis?

Periksa SMS atau Email

Saat mendaftar sebagai penerima bantuan DTKS, kamu juga akan menerima SMS atau email yang memberitahukan status pendaftaranmu. Oleh karena itu, pastikan nomor telepon dan alamat email yang terdaftar benar dan masih aktif.

Jika kamu belum menerima SMS atau email pemberitahuan status pendaftaran, kamu bisa menghubungi pihak terkait untuk menanyakan hal tersebut.

Melalui UPT Pemerintah Setempat

Selain melalui website, aplikasi, atau pihak terkait, kamu juga bisa mengecek status pendaftaranmu melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemerintah Setempat. UPT ini dapat ditemukan di Kantor Desa atau Kelurahan di lingkunganmu. Kamu hanya perlu membawa dokumen identitas asli dan bukti pendaftaran untuk meminta bantuan petugas UPT dalam mengecek status pendaftaranmu.

Pastikan kamu memilih UPT yang sesuai dengan domisilimu agar proses pengecekan dapat berjalan lancar dan cepat.

Meminta Bantuan Keluarga atau Teman

Jika kamu kesulitan untuk mengecek status pendaftaran DTKS, kamu juga bisa meminta bantuan keluarga atau teman yang memiliki akses internet atau dapat membantu dalam menghubungi pihak terkait.

Pastikan kamu memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada mereka sehingga mereka dapat membantumu dengan baik.

Kesimpulan

Memeriksa status pendaftaran DTKS sangat penting agar kamu dapat memastikan bahwa data yang tercatat benar-benar sesuai dengan identitasmu. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek status pendaftaranmu, seperti melalui website resmi DTKS, aplikasi e-DTks, menghubungi pihak terkait, periksa SMS atau email, atau meminta bantuan keluarga atau teman.

Pastikan kamu memperbarui data secara berkala dan selalu mengikuti perkembangan terkait bantuan DTKS. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengecek status pendaftaranmu.

Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Baca Juga :  Inilah Panduan Cara Daftar NPWP Pribadi Online

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *