Inilah Panduan Cara Bayar UTBK Untuk Anda

cara bayar UTBK

Hai Sobat Rudius Media, apakah kamu akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi? Salah satu tahap persiapan UTBK adalah membayar biaya ujian tersebut. Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara bayar UTBK? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara bayar UTBK secara lengkap dan mudah dipahami.

Langkah 1: Registrasi UTBK

Sebelum membayar biaya UTBK, pastikan kamu sudah melakukan registrasi UTBK terlebih dahulu. Registrasi dapat dilakukan secara online melalui laman resmi UTBK di ltmpt.ac.id. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor peserta UTBK dan dapat melanjutkan ke tahap pembayaran.

Langkah 2: Pilih Metode Pembayaran

Ada dua metode pembayaran UTBK, yaitu melalui Bank Mandiri atau Virtual Account. Jika kamu memilih melalui Bank Mandiri, kamu harus pergi ke cabang Bank Mandiri terdekat dan melakukan pembayaran melalui teller. Sedangkan jika kamu memilih Virtual Account, kamu dapat melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, atau mobile banking dari bank yang bekerja sama dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Langkah 3: Bayar Biaya UTBK

Setelah memilih metode pembayaran, kamu harus membayar biaya UTBK yang terdiri dari biaya ujian UTBK dan biaya penggunaan sarana komputer. Biaya tersebut dapat dilihat pada laman resmi UTBK. Pastikan kamu membayar sesuai dengan nomor peserta UTBK yang sudah kamu dapatkan saat registrasi.

Langkah 4: Konfirmasi Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, kamu harus melakukan konfirmasi pembayaran melalui laman resmi UTBK. Pilih menu “Konfirmasi Pembayaran” dan isi data yang diminta. Kemudian unggah bukti pembayaran yang sudah kamu dapatkan dari bank atau Virtual Account.

Langkah 5: Cek Status Pembayaran

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, cek status pembayaran UTBK melalui laman resmi UTBK. Pastikan status pembayaran kamu sudah tercatat sebagai “Lunas”. Jika status pembayaran kamu belum tercatat, segera hubungi kontak yang tersedia pada laman resmi UTBK.

Baca Juga :  Tips Berbuka Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Langkah 6: Cetak Bukti Pembayaran

Setelah status pembayaran kamu tercatat sebagai “Lunas”, cetak bukti pembayaran UTBK sebagai tanda bahwa kamu sudah membayar biaya UTBK dengan sukses. Bukti pembayaran tersebut nantinya akan diminta pada saat pelaksanaan ujian UTBK.

Kesimpulan

Itulah cara bayar UTBK yang mudah dan lengkap. Pastikan kamu melakukan registrasi dan pembayaran sesuai dengan petunjuk yang ada pada laman resmi UTBK. Jangan lupa untuk selalu memeriksa status pembayaran kamu agar tidak terjadi masalah saat pelaksanaan ujian UTBK. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam persiapan UTBK. Tetap semangat dan jangan lupa untuk terus belajar!

Bagaimana, mudah bukan cara bayar UTBK? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membayar biaya UTBK dengan mudah dan aman. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan jadwal UTBK dan persyaratan lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya di Rudius Media. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *