Inilah Panduan Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

cara menulis daftar pustaka dari internet

Hai Sobat Rudius Media! Saat ini, internet sudah menjadi sumber informasi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Salah satu kegunaan internet adalah untuk mencari referensi saat menulis karya tulis ilmiah, tugas kuliah, atau skripsi. Namun, saat melakukan penulisan, kita tidak boleh melupakan pentingnya mencantumkan daftar pustaka yang benar. Artikel ini akan membahas cara menulis daftar pustaka dari internet secara lengkap dan mudah dipahami.

1. Menentukan Jenis Sumber Informasi

Sebelum mencantumkan sumber informasi pada daftar pustaka, kita perlu mengetahui jenis sumber tersebut terlebih dahulu. Ada beberapa jenis sumber informasi dari internet seperti buku elektronik, jurnal online, blog, artikel online, atau website resmi. Pastikan kamu mengetahui jenis sumber tersebut agar dapat mencantumkannya dengan benar pada daftar pustaka.

2. Menuliskan Nama Penulis

Pada daftar pustaka, nama penulis sangat penting untuk dicantumkan. Nama penulis biasanya terletak di awal referensi. Jika penulis tidak diketahui, kamu dapat mencantumkan nama organisasi atau lembaga yang bertanggung jawab atas informasi yang disajikan.

3. Menuliskan Judul Sumber Informasi

Selain nama penulis, judul sumber informasi juga perlu dicantumkan pada daftar pustaka. Pastikan kamu menuliskan judul sumber informasi dengan benar dan lengkap, serta mengikuti gaya penulisan yang dipilih.

4. Menuliskan Nama Website

Jika sumber informasi berasal dari sebuah website, maka kamu perlu mencantumkan nama website tersebut pada daftar pustaka. Pastikan kamu menuliskan nama website dengan benar dan lengkap.

5. Menuliskan Tanggal Akses

Tanggal akses juga sangat penting untuk dicantumkan pada daftar pustaka. Tanggal akses menunjukkan kapan kamu mengakses sumber informasi tersebut. Pastikan kamu mencantumkan tanggal akses dengan benar dan sesuai dengan format yang dipilih.

Baca Juga :  Inilah Cara Daftar Polri 2023 ! Persiapkan Diri Anda

6. Menuliskan URL

URL atau tautan halaman web yang menjadi sumber informasi juga perlu dicantumkan pada daftar pustaka. Pastikan kamu menuliskan URL dengan benar dan lengkap.

7. Menentukan Gaya Penulisan

Ada beberapa gaya penulisan yang dapat dipilih dalam menulis daftar pustaka, seperti APA, MLA, atau Harvard. Pastikan kamu mengetahui gaya penulisan yang dipilih oleh dosen atau pengajar untuk menghindari kesalahan dalam penulisan.

8. Mengecek Kembali Daftar Pustaka

Sebelum menyerahkan tugas, pastikan kamu mengecek kembali daftar pustaka yang telah dibuat. Periksa apakah semua informasi sudah tercantum dengan benar dan sesuai dengan gaya penulisan yang dipilih.

Kesimpulan

Mencantumkan daftar pustaka pada sebuah karya tulis ilmiah, tugas kuliah, atau skripsi sangat penting untuk menjaga integritas akademik. Dalam membuat daftar pustaka dari internet, kita perlu mengetahui jenis sumber informasi, menuliskan nama penulis, judul sumber informasi, nama website, tanggal akses, dan URL. Selain itu, penting juga untuk menentukan gaya penulisan yang dipilih dan melakukan pengecekan kembali sebelum menyerahkan tugas.

Sekarang kamu sudah tahu cara menulis daftar pustaka dari internet dengan benar dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan daftar pustaka pada setiap karya tulis yang kamu buat dan menjaga integritas akademikmu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *