Strategi Pemasaran dalam Menjangkau Target Pasar

strategi pemasaran

Ketika anda menjalankan suatu bisnis. Anda tentunya ingin produk atau jasa yang bisnis anda tawarkan bisa lebih dikenal luas oleh banyak orang. Agar hal tersebut bisa anda capai dengan baik, anda membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Dengan stategi pemasaran tersebut, anda akan bisa mengembangkan bisnis anda.

Dalam menjalankan suatu bisnis, bisa menawarkan produk atau jasa dari bisnis anda kepada banyak orang merupakan salah satu kuci dari kesuksesan bisnis anda. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, anda akan membuat konsumen anda mengetahui dan mengenali produk ataupun jasa yang anda sedang tawarkan. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai strategi pemasaran dalam menjangkau target pasar.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian strategi pemasaran itu sendiri merupakan sebuah rangkaian perencanaan yang anda bangun agar produk atau jasa yang bisnis anda tawarkan bisa menjangkau target pasar yang sesuai dan bisa mengubah mereka menjadi konsumen produk atau jasa anda.

Strategi pemasaran juga dapat anda artikan sebagai upaya yang perusahaan lakukan utuk mencapai tujuan tertentu dalam bisnis nya seperti untuk menguasai pasar ataupun untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Konsep Strategi Pemasaran

Dalam menjalankan pemasaran, anda harus bisa membuat pelanggan anda puas dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Sehingga anda harus bisa membuat strategi pemasaran yang membuat tercapainya kepuasan pelanggan anda. Berikut ini merupakan konsep strategi pemasaran.

  • Segmentasi pasar

Perusahaan haruslah bisa membagi segmentasi konsumen dalam pasar sesuai dengan karakteristik konsumen tersebut. Itu karena setiap konsumen memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda sesuai dengan karakteristiknya. Dengan membagi konsumen berdasarkan karakteristinya, anda akan bisa menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

  • Market positioning

Di dalam pasar, perusahaan anda tentunya tidak bisa menguasai seluruh pasar. Anda bisa menentukan pola strategi pemasaran yang spesifik agar perusahaan anda bisa mendapatkan posisi yang kuat di dalam pasar. Untuk melakukan hal tersebut, anda bisa memilih segmentasi pasar yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Market entry strategy

Agar perusahaan anda bisa masuk ke segmen pasar yang menuntungkan, anda bisa melakukan beberapa cara. Cara tersebut seperti melakukan kerjasama dengan perusahaan lain, melakukan perbaikan internal perusahaan, dan lain sebagainya.

  • Marketing mix strategy

Marketing mix statry merupakan kumpulan beberapa variabel yang perusahaan gunakan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Variabel tersebut antara lain: Product, Place, Price, Participant, Promotion, Process, dan People Physical evidence.

  • Timing strategy

Pemilihan waktu yang tepat dalam melakukan promosi juga harus anda perhatikan. Perusahaan tentunya memerlukan berbagai persiapan dalam bidang produksi agar menghasilkan produk yang baik serta menentukan waktu pendistribusian produk ke pasar dengan tepat.

Baca Juga :  Inilah Pentingnya Sistem Informasi Manajemen (SIM) pada Bisnis

Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran

Agar anda lebih mengetahui tentang strategi pemasaran, anda tentunya harus mengetahui apa saja fungsi dan tujuan anda dalam melakukan strategi pemasaran. Berikut ini adalah fungsi dan tujuan strategi pemasaran.

Fungsi strategi pemasaran

Terdapat beberapa fungsi strategi pemasaran, antara lain:

  • Mengkoordinasi pemasaran menjadi lebih efektif

Setiap perusahaan tentunya memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda. Strategi pemasaran tersebut memiliki tujuan untuk mengatur arah jalannnya perusahaan. Sehingga akan bisa membantu koordinasi tim pemasaran menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

  • Merumuskan tujuan perusahaan

Dengan adanya strategi pemasaran, perusahaan akan lebih mudah untuk menentukan tujuan bisnisnya. Baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

  • Menjadi pedoman pengawasan kegiatan pemasaran

Strategi pemasaran tersebut akan membuat perusahaan memiliki standart prestasi kerja karyawannya. Dengan kata lain, strategi pemasaran tersebut dapat menjadi pedoman dalam pengawasan kegiatan karyawan. Sehingga anda dapat memantau mereka agar mutu dan kualitas kerjanya menjasi lebih efektif.

  • Meningkatkan motivasi perusahaan

Strategi pemasaran dapat meningkatkan motivasi perusahaan untuk kedepannya. Hal tersebut sangatlah penting agar perusahaan anda bisa tetap bertahan di masa yang akan datang. Selain mengikuti ritme pasar yang ada, perusahaan juga bisa membuat gebrakan di pasar dengan sesuatu yang baru.

Tujuan strategi pemasaran

Ketika merancang stategi pemasaran, pada umumnya perusahaan memiliki tujuan strategi pemasaran yang beragam. Berikut ini tujuannya.

  • Dapat perusahaan gunakan sebagai media ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah perusahaan tentukan.
  • Memantu meningkatkan kualitas koordinasi antar anggota dalam tim pemasaran sehingga target pemasaran akan bisa tercapai dengan mudah dan lebih efektif.
  • Mengembangkan memapuan bisnis perusahaan agar bisa berdaptasi dengan mudah apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.
  • Menjadi dasar pemikiran untuk pengambilan keputusan pemasaran perusahaan.
Baca Juga :  Inilah Macam-Macam Target Usaha yang Perlu Anda Ketahui

Tips Menjalankan Strategi Pemasaran

Agar strategi pemasaran anda bisa berjalan dengan baik dan produk anda dapa dikenal secara luas, anda memerlukan tips dalam menjalankan strategi pemasaran. Berikut ini adalah tips menjalankan strategi pemasaran yang bisa anda coba.

  • Mengenali pelanggan

Agar strategi pemasaran yang anda lakukan bisa berjalan dengan baik, anda harus melakukan riset pasar. Riset pasar tersebut berguna agar anda bisa menentukan segmentasi pasar yang tepat untuk produk anda. Sehingga produk anda akan bisa bersaing di dalam pasar. Anda bisa melakukan riset pelanggan berdasarkan karakteristik dari pelanggan dan apa yang pelanggan butuhkan. Jika produk anda sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pelanggan, anda akan bisa mendapatkan banyak keuntungan.

  • Memilih tempat yang strategis

Tips selanjutnya agar strategi pemasaran anda bisa berjalan dengan lebih efektif adalah dengan memilih tempat yang strategis. Tempat tersebut haruslah bisa membuat produk anda menjadi terlihat. Sehingga akan ada banyak konsumen yang membeli produk anda. Untuk memilih tempat yang strategis, anda juga harus menyesuaikannya dengan tempat target pasar anda berada agar mereka mudah menjangkau produk yang anda tawarkan.

  • Memanfaatkan adanya media sosial

Seperti yang anda ketahui, media sosial bisa menjadi media pemasaran yang cukup efektif. Itu karena hampir semua orang aktif menggunakan berbagai media sosial. Media sosial sendiri merupakan jenis pemasaran online yang bisa membantu perusahaan untuk melakukan interaksi dengan berbagai kalangan secara lebih luas.

Selain itu, media sosial dapat membantu perusahaan untuk memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk atau jasa yang perusahaan tawarkan dapat menjadi lebih sukses. Sehingga anda bisa menerapkan strategi pemasaran perusahaan anda dengan menggunakan media sosial.

  • Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Anda harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan anda. Itu karena pelanggan merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, menerima keluhan dan saran dari mereka. Sehingga mereka akan lebih percaya kepada perusahaan anda dan menjadi pelanggan setia.

Baca Juga :  Bisnis Roti Rumahan, Cara Memulai dan Tips Suksesnya

Nah, itulah ulasan mengenai strategi pemasaran dalam menjangkau target pasar. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau target pasar produk anda. Produk anda akan menjadi lebih terkenal dan perusahaan anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *