6 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

6 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Sebagai seorang karyawan, terkadang gaji yang anda dapatkan tersebut hanya cukup untuk memenuhi kehidupan sehari-hari saja, sedangkan anda masih memiliki cicilan lain yang harus anda bayar. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mencoba untuk mencari peluang usaha sampingan yang bisa anda lakukan meskipun anda menjadi karyawan.

Ada banyak peluang usaha sampingan yang bisa anda lakukan dari rumah. Sehingga anda tidak akan merasa terlalu lelah dalam melakukan pekerjaan sampingan tersebut. Modal yang anda butuhkan untuk peluang usaha tersebut juga tidak besar. Berikut ini adalah rekomendasi peluang usaha sampingan karyawan yang bisa anda lakukan.

1. Youtuber

Jika anda seorang karyawan yang memiliki banyak shift kosong, anda bisa mencoba untuk menjadi seorang youtuber. Manfaatkanlah waktu luang dari shift kosong yang anda miliki untuk membuat konten video youtube. Anda bisa mencoba untuk membuat konten simple seperti menayangkan cuplikan video komedi, mengomentari video olahraga, ataupun yang lainnya. Jika anda rutin mengupload konten video di youtube, anda akan bisa mendapatkan penghasilan dari monetisasinya.

2. Podcaster

Jika anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memberikan komentar pada fenomena sekeliling, ataupun melakukan diskusi mengenai topik tertentu, anda bisa mecoba untuk menjadi seorang podcaster. Dengan menjadi podcaster anda bisa membuat podcast dengan tema tertentu ataupun tentang fenomena terkini. Jika anda menekuni dunia podcaster dengan baik, anda akan bisa mendatkan banyak uang tergantung dengan jumlah viewers dari konten kerjasama iklan anda.

3. Afiliasi

Afiliasi merupakan kegiatan untuk menjual peroduk dari suatu perusahaan dan anda akan mendapatkan komisi dari tiap penjualan tersebut. Sebagai karyawan, anda akan bisa menjalankan usaha afiliasi ini degan mudah. Anda bisa melakukannya dengan membuat konten mengenai produk tertentu dan mencantumkan link produknya. Jika ada orang yang membeli produk menggunakan link anda, anda akan bisa mendapatkan komisi. Promosikan konten anda melalui berbagai macam media sosial seperti tiktok, instagram, whatsapp, dan lain sebagainya. Sehingga akan semakin bnayak orang yang membeli menggunakan link anda.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Komputer Mini

4. Freelance

Jika anda memiliki waktu yang cukup luang setelah bekerja, anda bisa mencoba untuk melakukan pekerjaan freelance. Dengan kemampuan desain grafis, anda bisa bekerja sebagai graphic designer. Jika anda mahir dalam pemrograman, anda juga bisa menjadi programmer freelance. Masih ada banyak pekerjaan freelance lainnya yang bisa anda lakukan. Dengan bekerja secara freelance,anda bisa menerima proyek pekerjaan dengan lebih fleksibel. Anda bisa mengatur sendiri waktu pekerjaanya tergantung waktu luang yang anda miliki.

5. Reseller

Jika anda ingin membuka usaha sampingan tetapi tidak memiliki modal yang banyak, anda bisa mencoba untuk menjadi seorang reseller produk. Anda bisa membeli stock produk dengan harga yang murah dari produsennya secara langsung. Kemudian anda bisa menjualnya lagi dengan harga yang anda kehendaki untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa menawarkan produk yang anda jual kepada rekan sesama karyawan ataupun memasarkannya pada media sosial yang anda miliki.

6. Content Writer

Jika anda memiliki kemampuan menulis yang bagus tentang niche tertentu. Anda bisa mencoba untuk menjadi seorang content writer. Anda bisa macam hal sesuai dengan niche dari website atau blog yang anda miliki. Jika anda rajin menulis pada website atau blog, anda akan bisa memperoleh penghasilan dengan menulis konten sposor, melakukan afiliasi, hingga memasang ads pada website atau blog anda.

 

Nah, itulah 6 peluang usaha sampingan karyawan yang bisa anda lakukan. Pilihlah pekerjaan sampingan yang sekiranya bisa anda lakukan saat anda memiliki waktu luang tanpa mengganggu pekerjaan utama anda sebagai seorang karyawan. Sekian dari Rudius Media, Semoga informasi ini membantu anda!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *