bisnis barbershop

Bisnis Barbershop, Cara Memulai dan Tips Suksesnya

Rudius Media – Bisnis cukur rambut dulu biasa anda temui di pinggr jalan, di bawah pohon, maupun di tempat yang sempit. Namun, saat ini bisnis cukur rambut telah banyak berubah menjadi lebih modern. Banyak yang mengubah citra cukur rambut tersebut karena adanya bisnis barbershop. Barbershop ini membuat kegiatan pangkas rambut menjadi lebih nyaman karena berada di ruangan ber AC dan memiliki beragam fasilititas cukur rambut yang lebih baik.

Barbershop ini dapat menjadi ide bisnis yang cukup menarik. Seiring dengan kebutuhan laki-laki untuk menjaga rambutya tetap pendek membuat bisnis ini memliki banyak pelanggan. Biasanya laki-laki akan pergi ke barbershop sekitar satu sampai dua bulan sekali. Berikut ini adalah cara memulai dan tips sukses menjalankan bisnis barbershop.

Dapatkan Sertifikat Penata Rambut

Jika Anda ingin membuka barbershop, tentunya Anda harus memiliki keahlian yang sesuai. Anda harus mendapatkan sertifikat dari sekolah tata rambut. Tampilkan sertifikat di dinding barbershop anda. Sehingga pelanggan dapat melihatnya dan kredibilitas Anda sebagai tukang cukur profesional juga meingkat.

Lengkapi Dokumen Legalitas

Penataan rambut tidak bisa anda lakukan secara online, karena Anda berhubungan langsung dengan pelanggan, Anda perlu menyewa tempat untuk menjalankan bisnis ini. Oleh karena itu, Anda harus mengurus beberapa dokumen legalitas, salah satunya adalah izin usaha. Anda bisa mengurus masalah surat izin ini di kantor pemerintah daerah setempat.

Pilih Lokasi Strategis

Pilih lokasi barbershop yang mudah untuk diakses pelanggan dari jalan utama dan terdapat tempat parkir dengan akses yang mudah. Pilihlah lokasi barbershop sedekat mungkin dengan toko yang berhubungan dengan hobi laki-laki karena segmentasi pasar barbershop adalah laki-laki. Misanya saja barbershop anda terletak di dekat toko alat olahraga, dll.

Lihat Pesaing Barbershop

Kunjungi barbershop pesaing di dekat rumah Anda. Penting untuk anda mengetahui layanan dan harga masing-masing barbershop. Carilah beragam layanan yang tidak ada pada barbershop pesaing pesaing, seperti pijat. Anda dapat memberikan layanan yang tidak ada tersebut pada Barbershop Anda.

Tetapkan Layanan dan Harga

Buat daftar layanan yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan, termasuk layanan standar seperti cuci rambut dan potong rambut. Jika pelanggan menginginkan layanan tambahan seperti pencukuran dan pewarnaan rambut, Anda dapat menentukan harga yang berbeda. Siapkan menu satu halaman yang dapat menampilkan semua layanan dan harga dari barbershop Anda.

Beli Peralatan Pangkas Rambut

Anda pasti membutuhkan beberapa alat dan perlengkapan tambahan untuk memotong rambut pelanggan Anda. Tentunya peralatan utama yang Anda butuhkan adalah gunting rambut, pisau cukur, dll. Untuk fasilitas, sediakan sofa untuk ruang tunggu, kursi khusus untuk mencukur, tempat cuci rambut, dll. Anda juga bisa bekerja sama dengan desainer interior untuk membuat barbershop Anda terlihat menarik.

Cari Staff yang Ahli

Anda dapat dengan mudah mengatur barbershop anda sendiri. Namun, seiring dengan waktu, Anda akan membutuhkan bantuan staf. Pekerjakan penata rambut berkualitas yang selalu mengikuti tren rambut terkini. Kepribadian juga penting karena karyawan harus ramah kepada pelanggan.

Promosikan Barbershop Anda

Agar banyak orang mengetahui tentang bisnis barbershop Anda,anda perlu mempromosikan bisnis barbershop anda. Meskipun bisnis barbershop beroperasi secara lokal, Anda tetap dapat mengiklankannya secara online. Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda pada Google My Business.

Nah, itulah cara memulai dan tips sukses dalam menjalankan bisnis barbershop. Semoga informasi tentang bisnis barbershop ini menarik dan bermanfaat bagi anda.

About admin 2

Check Also

tips mengamankan akun media sosial

Inilah Beberapa Tips Mengamankan Akun Media Sosial Anda

Rudius Media – Media sosial telah menjadi bagian yang penting dari kehidupan kita saat ini. …

bisnis kue kering

Inilah Cara Memulai Bisnis Kue Kering Untuk Anda

Rudius Media –¬†Bisnis kue kering merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Pasar kue kering sangat …