Bisnis Daycare Anak, Begini Cara Memulai dan Tips Suksesnya

bisnis daycare anak

Rudius Media – Dengan situasi perekonomian di indonesia yang tak menentu saat ini membuat banyaknya bisnis daycare anakn yang berkembang karena banyak orang tua yang memilih bekerja untuk memperbaiki ekonomi mereka. Jika kedua orang tua terlalu sibuk bekerja, mereka biasanya akan menitipkan anak mereka di daycare atau tempat penitipan anak.

Banyak orang tua yang memilih menitipkan anak mereka di daycare karena selain menjadi tempat penitipan anak, daycare tersebut juga menjadi tempat belajar yang baik dengan anak-anak. Anak-anak akn bisa besosialisasi dengan teman-tman sebayanya yang ada di daycare. Selain itu biasanya daycare juga akan memberikan berbagai kegiatan menarik bagi anak anda yang juga berfungsi untuk proses belajar anak.

Sehingga bisnis daycare ini cocok sekali untuk anda coba karena peluangnya cukup besar. Jika anda ingin memulai bisnis daycare anak, berikut ini adalah cara memulainya dan tips suksesnya.

Riset Pasar

Sebelum membuka bisnis pastikan terlebih dahulu anda telah melakukan riset pasar terkait bisnis tersebut. Ketahui terlebih dahulu siapa yang akan menajdi target pasar anda dan di tempat mana anda akan membuka daycare tersebut.

Anda bisa mencari tahu berapa maksimal banyak anak yang bisa anda terima, usia minimal anak bisa dititipkan di daycare, rata-rata gaji orang tua setuap bulannya. Dengan hal itu anda aakn bisa menentukan harga daycare anda dan melakukan perencanaan bisnis daycare anda dengan lebih baik.

Lokasi

Tentukan lokasi bisnis daycare anak yang tepat dan strategis, sehingga daycare anda dapat berjalan dengan baik. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dari jalan dan aksesnya mudah untuk dijangkau. Pastikan juga lokasi daycare anda dalam kondisi yang baik, nyaman, bersih, dan tentunya layak untuk anak-anak. Jangan lupa memastikan kemanan lokasi daycare anda yang jauh dari kendaraan, kolam renang yang dalam serta hal-hal lainnya yang bisa membuat anak-anak dalam bahaya.

Baca Juga :  Simak! 5 Cara Memulai Bisnis Online Termudah Bagi Pemula

Perlengkapan Bermain

Jangan lupa untuk menyediakan perlengkapan bermain untuk anak-anak. Itu karena daycare juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran bagi anak-anak, bukan hanya sebagi tempat penitipan anak. Oelh karena itu perhatikan perlengkapan bermain anak yang edukatif seperi puzzel, baok kayu, permainan unuk mencocokkan bentuk dan warna, serta permainan edukatif yang lainnya.

Pengasuh yang Kompeten

Anda juga harus bisa memilih pengasuh yang kompeten untuk bisnis daycare anda. Pilihah pengasuh yang menyayangi anak-anak, sabar, dan bisa mendidik anak-anak dengan baik, serta profesional. Itu karena anda harus bisa bertanggung jawab kepada anak-anak yang orantuanya titipkan pada anda selaku pemilik daycare. Dengan pengasuh yang kompeten tersebut, mereka akan bisa mengurus anak-anak tersebut dengan baik. Sehingga para orantua akan percaya dengan daycare anda.

Izin Usaha Daycare

Sebelum anda memulai bisnis daycare anda, pastikan untuk mengurus surat izin usaha daycare. Sehingga jika bisnis anda mengalamai masalah di kemudian hari, anda akan bisa mengurusnya dengan baik karena anda telah memiliki izin usahanya. Dengan izin usaha tersebut bisnis daycare yang anda lakukan merupakan bisnis yang legal di mata hukum.

Promosi

Anda juga wajib melakukan promosi untuk bisnis daycare anda dengan melalui spanduk, pamflet, brosur, media sosial, serta media promosi yang lainnya. Anda juga bisa melakukan promosi daycare di sekolah TK. Untuk bisa menarik target pasar anda, anda bisa mempromosika layanan dan fasilitas yang daycare anda miliki.

Nah itulah cara dan tips sukses dalam memulai bisnis daycare. Mulailah bisnis daycare anda dengan perencanaan usaha yang matang dan berbagai persiapan yang baik sehingga usaha anda bisa sukses kedepannya.

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *