Cara Memulai dan Tips Sukses Bisnis Ternak Kambing

Peternakan menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menggiurkan. Itu karena omzet menjadi peternak cukup tinggi. Misalnya saja penjadi peternak kambing bisa menjadi bisnis ternak yang bisa anda jalankan. Ternak kambing cukup menguntungkan karena pasar untuk kambing masih cukup luas. Daging kambing juga masih terus pasar butuhkan. Selain itu, sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbesar pastinya banyak orang yang membuhkan kambing untuk kurban saat hari raya idul adha dan aqiqah.

Sehingga ternak kambing cocok sekali menjadi peluang usaha untuk anda. Namun, melakukan ternak kambing sebenarnya juga tidak mudah. Hal tersebut tergantung bagaimana perawatan yang anda berikan. Anda haruslah memiliki keterampilan dalam memilih pakan dan menjaga salinitas dari kandang kambing agar kambing anda selalu sehat. Berikut ini adalah cara dan tips sukses dalam bisnis ternak kambing.

Cara Memulai Bisnis Ternak Kambing

Kenali jenis kambing

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memulai bisnis ternak kambing adalah mengenali berbagai jenis kambing. Setiap kambing memiliki karakteristik dan kebihan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih salah satu jenis kambing yang akan anda jadikan bisnis.

Siapkan lahan

Selanjutnya adalah siapkan lahan yang cukup. Dalam memulai bisnis ternak kambing, anda membutuhkan lahan yang luas untuk kandang kambing anda dan tempat untu melepaskan kambingnya. Dengan lahan yang luas, kambing anda akan bisa melakukan aktivitas denagn lebih leluasa sehingga membuat kambing anda tidak mudah stress dan lebih sehat.

Bangun kandang

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah kandang kambing. Buatlah kandang kambing yang nyaman dan tidak membuat kambing anda merasa tersiksa. Saat membuat kandang perhatikan juga budget yang anda miliki.

Baca Juga :  Ketidakpastian yang Bisa Menyebabkan Kerugian dalam Usaha

Menentukan pakan

Dalam bisnis ternak kambing, menentukan pakan yang tepat dan bergizi juga merupakan hal yang penting. Cari tahu berbagai jenis pakan yang terbaik untuk kambing anda. Sehingga kambing anda akan menjadi sehat dan harga jualnya juga akan menjadi semakin mahal jika kambing anda memiliki berat yang bagus.

Pilih kambing muda

Ketika memulai bisnsi ternak kambing, anda harus bisa memilih kambing muda yang akan anda beli dengan baik. Sebagai peternak pemula, anda bisa membeli kambing muda yang usianya masih 5 – 6 bulan.

Perhatikan kebersihan kandang

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan kandang kambing anda. Rutin bersihkan kandang kambing anda agar menjadi bersih. Jika kandang kambing anda tidak bersih, maka kambing akan rawan terkena penyakit yang bisa menular ke kambing anda yang lainnya.

Belajar mengembang-biakkan hewan

Jika anda memulai bisnis ternak kambing, anda juga harus belajar mengenai cara mengembang biakkan kambing anda agar usaha ternak anda bisa berkembang.

Panen

Dalam melakukan bisnis ternak kambing, anda bisa menjual anakan kambing yang telah anda kembang biakkan. Biasanya anakan kambing yang ideal untuk anda jual berusia 1 tahun. Anda akan bisa mendapatkan harga jual yang cukup tinggi sesuai dengan ukuran dan berat kambing anda.

 

Tips Sukses Bisnis Ternak Kambing

Agar bisnis ternak kambing anda sukses berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Lakukan promosi online

Dengan perkembangan teknologi saat ini, manfaatkan promosi bisnis ternak kambing anda secara online agar anda bisa menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti instagram, facebook, dan lain sebagainya. Sehingga anda akan bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Baca Juga :  Inilah Cara Memulai Bisnis Bakery yang Bisa Anda Coba

Rencanakan bisnis dengan matang

Agar bisnis ternak anda sukses, anda harus membuat perencanaan bisnis dengan baik dan matang. Misalnya anda harus menentukan tujuan bisnis ternak anda dan bagaimana cara anda mensukseskan tujuan tersebut.

Itulah cara dan tips sukses bisnis ternak kambing. Semoga ulasan ini dapat menginspirasi anda untuk memulai bisnis ternak kambing anda sendiri.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *