Hati – hati, Inilah Tips Jitu Menghadapi Resesi Ekonomi 2023

Saat ini sejumlah negara di dunia mulai mengalami berbagai masalah ekonomi. Sehingga banyak yang memperkirakan bahwa tahun 2023 akan terjadi resesi secara global. Terjadinya resesi global ini akan dapat menyebabkan turunya pendapatan negara, melemahnya daya beli masyarakat, kenaikan harga pada kebutuhan pokok, banyak usaha yang gulung tikar, dan dapat menyebabkan naiknya angka kemiskinan. Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan untuk menghadapi resesi ekonomi di tahun 2023:

Siapkan Dana Darurat

Untuk menghadapi resesi ekonomi di tahun 2023, anda wajib mempersiapkan dana darurat. Dengan kondisi ekonomi yang tidak stabil sekarang ini, dana darurat dapat menjadi langkah preventif bila sesuatu yang tidak anda inginkan terjadi, misalnya saja anda mengalami PHK atau pemutusan hubungan kerja. Ada bisa mempersiapkan dana darurat anda minimal setara dengan pengeluaran anda selama 3 – 6 bulan kedepan agar saat hal yang tidak anda inginkan itu kebetulan terjadi, anda masih bisa bertahan hidup.

Batasi Pengeluaran

Anda juga perlu untuk membatasi pengeluaran anda untu menghadapi resesi. Anda perlu membatasi pengeluaran yang tidak perlu seperti kebutuhan tersier anda. Contoh dari kebutuhan tersier tersebut seperti wisata kuliner, rekreasi, menonton acara hiburan, dan lain sebagainya. Dengan membatasi hal ini, anda akan bisa menyisihkan uang untuk anda simpan dan membiasakan diri anda agar tidak hidup dengan konsumtif.

Bekerja Lebih Baik Lagi

Dalam bekerja, anda harus memiliki kinerja yang lebih baik lagi agar anda tidak di PHK. Jika anda memiliki kinerja yang baik, anda nantinya akan bisa terhindar dari PHK, mendapatkan kenaikan gaji, dan juga bisa mendapatkan promosi jabatan untuk kedepannya.

Tingkatkan Keterampilan

Anda juga harus meningkatkan keterampilan anda dalam berbagai bidang agar anda tetap dapat bertahan di dalam resesi. Anda bisa mengikuti kelas-kelas pelatihan yang diadakan oleh instasi ataupun orang yang profesional di bidangnya. Dengan mengikuti kelas pelatihan ini, anda diharapkan untuk bisa melakukannya secara mandiri dengan baik agar bisa memberikan penghasilan tambahan untuk anda.

Baca Juga :  Inilah Cara Lapor Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM)

Cari Penghasilan Tambahan

Ada juga bisa mencari penghasilan tambahan jika sekiranya pekerjaan anda kurang stabil dan gaji anda tidak cukup untuk menyiapkan dana darurat. Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan mencari peluang pekerjaan di sekitar anda. Anda bisa mencari penghasilan tambahan yang sekiranya bisa anda lakukan di waktu luang setelah anda bekerja. Dengan memiliki penghasilan tambahan, kondisi ekonomi anda akan menjadi lebih baik.

Wajib Punya Asuransi

Dalam kondisi resesi dimana semua ekonomi menurun, anda wajib untuk memiliki asuransi. Asuransi ini dapat berguna jika kondisi keuangan anda sedang menurun. Anda tidak perlu anda khawatir jika anda sakit, mengalami kerusakan kendaraan, ataupun mengalami hal-hal lainnya yang bisa ditanggung asurasi. Tetapi, anda juga harus bisa memilih asuransi yang terpercaya agar asurasi tersebut dapat mengatasi masalah anda.

Hindari Berhutang

Hidari berhutang sebelum memasuki masa resesi. Hal ini karena saat resesi, suku bunga bank akan mengalami kenaikan. Suku bunga bank yang naik ini akan berdampak pada hutang anda sehinga hutang menjadi bertambah banyak. Jika anda sudah terlanjur memiliki hutang, segera bayar hutang anda dan bayar mulai dari hutang yang memiliki bunga besar terlebih dahulu.

Itulah bebrapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari resesi di tahun 2023. Oleh karena itu anda tidak perlu takut dalam menghadapi resesi tersebut. Persiapkan kondisi keuangan anda sebaik mungkin mulai dari sekarang. Selalu ikuti update dari Rudius Media ya agar anda bisa mendapatkan arahan yang tepat dalam mengahadapi resesi nantinya.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *