Anda yang bisa mengelola keuangan anda dengan baik akan bisa memiliki potensi untuk meraih merdeka secara finansial. Ketika anda sudah bisa meraih merdeka fiansial, anda akan bisa menjalani kehidupan anda dengan lebih berani. Anda tidak akan takut unuk menghadapi hari-hari kedepannya. Merdeka secara finansial tersebut bukan berarti bahwa anda memiliki banyak sekali uang dan aset. Akan tetapi, anda sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup anda dengan layak dan anda terbebas dari hutang.

Kondisi finansial setiap orang memanglah berbeda-beda. Ada orang yang masih muda tapi sudah bisa meraih merdeka secara finansial. Tetapi ada juga orang yang sudh berumur tapi belum bisa merdeka secara finansial. Untuk bisa merdea secara finansial, anda harus bisa menata keuangan anda dengan baik sedini mungkin. Sehingga nantinya anda akan terbiasa untuk mengatur keuangan dengan baik dan akhirnya bisa meraih merdeka secara finansial. Beriku ini adalah cara mudah untuk mereka finansial bagi milenial.

Melakukan Manajemen Keuangan Secara Disiplin

Sebanyak apapun penghasilan anda jika anda tidak bisa mengatur keuangan anda dengan baik maka uang tersebut akan habis begitu saja. Oleh karena itu anda bisa mencoba untuk mengatur keuangan anda dengan membuat anggaran tentang apa saja yang anda butuhkan seperti pengeluaran pokok, dana darurat, tabungan masa depan dan lain-lain. Jika anda mengatur keuangan anda sesuai dengan anggarannya secara disiplin, anda akan bisa memiliki keuangan yang teratur.

Membatasi Hutang Konsumtif

Jika anda ingin berhutang, sebisa mungkin berhutanglah untuk sesuatu yang berguna seperti untuk menyicil rumah ataupun untuk modal usaha. Jika anda berhutang untuk menyicil rumah, hutang tersebut dapat anda konversikan menjadi aset untuk anda. Jangan sampai berhutang untuk hal-hal konsumtif yang tidak anda perlukan. Misalnya saja berhutang untuk membeli smartphone keluaran terbaru hanya untuk gaya. Jika anda berhutang untuk membeli smartphone dalam rangka meningkatkan kualitas bisnnis yang anda lakukan, misanya sebagai content creator ataupun pekerjaan yang membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi. Hal tersebut masih berguna untuk menunjang pekerjaan anda.

Membiasakan Hidup Minimalis

Biasakanlah untuk menjalani hidup dengan minimalis. Hidup dengan minimalis bukan berarti anda harus hidup dengan susuh. Akan tetapi, anda harus bisa memilah-milah segala kebutuhan anda, apakah itu penting ataukah tidak. Sehingga pengeluaran anda akan lebih berkurang dan anda akan bisa menabung dengan lebih banyak. Masa depan anda pun akan menjadi lebih terjamin.

Mempersiapkan Dana Darurat

Anda juga wajib untuk mempersiapkan dana darurat dengan menyisihkan setikanya 10% dari penghasilan anda setiap bulannya. Itu karena anda tidak bisa mengetahu hal-hal darurat apa saja yang akan terjadi pada anda. Misalnya saja jika ada tiba-tiba memiliki pengeluaran mendadak seperti untuk memperbaiki kendaraan ataupun merenovasi rumah yang menagalami kerusakan. Anda tidak perlu berhutang jika mengalami hal tersebut. Selain itu anda juga masih akan memiliki uang jika anda tiba-tiba mengalami PHK.

Mengikuti Asuransi

Dengan mengikuti asuransi, anda akan memperoleh keuntungan jika tiba-tiba anda mengalami risiko keuangan yang memiliki dampak besar pada stabilitas keuangan. Misalnya saja jika kepala keluarga tiba-tiba meninggal, maka keuangan keluarga tersebut akan mengalami kesulitan jika sebelumya hanya sang kepala keluarga yang bekerja. Anda akan bisa mngantisispasi atau meminimalkan risiko yang bisa terjadi di masa depan dengan asuransi.

Nah itulah beberapa cara mudah agar milenial bisa mendapatkan merdeka secara finansial. Dengan merdeka secara finansial kehidupan anda akan menjadi lebih baik dan nyaman. Sekian dari Rudius Media, selalu nantikan News tentang bisnis dan keuangan lainnya ya.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *