Inilah Cara Mudah Mengganti Icon Folder pada Laptop

cara mengganti icon folder

Salam Hangat untuk Sobat Rudius Media! Pernah merasa bosan dengan icon folder yang sama di laptop? Sebenarnya, Sobat Rudius Media bisa mengganti icon folder sesuai dengan keinginan. Ada beberapa cara untuk mengganti icon folder pada laptop, dan dalam artikel ini, kami akan membahas cara yang mudah dan sederhana. Mari kita simak!

1. Menggunakan Icon Bawaan Windows

Cara pertama yang bisa Sobat Rudius Media gunakan adalah dengan menggunakan icon bawaan Windows. Caranya sangat mudah, Sobat Rudius Media hanya perlu melakukan klik kanan pada folder yang ingin diganti icon-nya, lalu pilih “Properties”. Selanjutnya, pilih tab “Customize” dan klik tombol “Change Icon”. Sobat Rudius Media akan melihat beberapa pilihan icon bawaan Windows yang bisa dipilih. Setelah memilih icon yang diinginkan, klik “OK” dan “Apply”.

2. Menggunakan Icon dari File Lain

Sobat Rudius Media juga bisa menggunakan icon dari file lain sebagai icon folder. Pertama, Sobat Rudius Media perlu mencari file yang memiliki icon yang Anda inginkan. Setelah itu, Sobat Rudius Media perlu mengubah ekstensi file tersebut menjadi “.ico” dengan menggunakan aplikasi pengubah ekstensi file seperti “File Renamer Basic”. Selanjutnya, Sobat Rudius Media hanya perlu melakukan klik kanan pada folder yang ingin Anda ganti icon-nya, lalu pilih “Properties”. Pilih tab “Customize”, lalu klik tombol “Change Icon”. Sobat Rudius Media akan melihat tombol “Browse” yang bisa digunakan untuk mencari file icon yang sudah diubah ekstensi-nya tadi. Setelah menemukan file icon yang diinginkan, klik “OK” dan “Apply”.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan cara di atas, Sobat Rudius Media juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengganti icon folder. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Sobat Rudius Media gunakan, seperti FolderMarker dan CustomFolder. Sobat Rudius Media hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, lalu mengikuti instruksi yang aplikasi berikan.

Baca Juga :  Inilah Cara Menjernihkan Foto Tanpa Aplikasi yang Bisa Anda Coba

4. Membuat Icon Sendiri

Jika Sobat Rudius Media ingin membuat icon folder yang benar-benar unik, Sobat Rudius Media bisa membuat icon tersebut sendiri menggunakan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Setelah selesai membuat icon, Sobat Rudius Media hanya perlu mengubah ekstensi file tersebut menjadi “.ico” dengan menggunakan aplikasi pengubah ekstensi file seperti “File Renamer Basic”, lalu mengikuti langkah-langkah pada cara kedua di atas.

5. Menjadikan Gambar sebagai Icon

Sobat Rudius Media juga bisa menjadikan gambar sebagai icon folder. Caranya sangat mudah, Sobat Rudius Media hanya perlu melakukan klik kanan pada folder yang ingin anda ganti icon-nya, lalu pilih “Properties”. Pilih tab “Customize”, lalu klik tombol “Choose File”. Pilih gambar yang ingin anda jadikan icon, lalu klik “Open” dan “Apply”.

6. Menggunakan Icon dari Situs Icon Gratis

Sobat Rudius Media juga bisa menggunakan icon dari situs icon gratis seperti Flaticon atau IconFinder. Caranya sangat mudah, Sobat Rudius Media hanya perlu mencari icon yang Anda inginkan di situs tersebut, lalu mengunduhnya dan mengikuti langkah-langkah pada cara kedua di atas.

7. Menggunakan Icon dari Theme Windows

Jika Sobat Rudius Media menggunakan tema Windows yang memiliki icon folder yang menarik, Sobat Rudius Media bisa mengambil icon tersebut dan menggunakannya sebagai icon folder. Caranya sangat mudah, Sobat Rudius Media hanya perlu mencari file theme yang Anda gunakan di folder C:\Windows\Resources\Themes, lalu mencari file “.msstyles” yang berada di dalam folder theme tersebut. Setelah itu, Sobat Rudius Media bisa menggunakan aplikasi seperti “Resource Hacker” untuk mengambil icon folder dari file “.msstyles” tersebut.

8. Menambahkan Icon Folder ke Konteks Menu

Jika Sobat Rudius Media sering mengakses folder tertentu, Sobat Rudius Media bisa menambahkan icon folder tersebut ke konteks menu. Caranya sangat mudah, Sobat Rudius Media hanya perlu menggunakan aplikasi seperti “FileTypesMan” untuk menambahkan icon folder ke konteks menu.

Baca Juga :  Cara Daftar IPDN 2023: Tips Terbaik Menjadi PNS

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah untuk mengganti icon folder pada laptop. Dari beberapa cara di atas, Sobat Rudius Media bisa memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Sobat Rudius Media. Jangan takut mencoba dan eksperimen dengan cara-cara di atas untuk mendapatkan icon folder yang unik dan menarik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *