Berikut Ini Beberapa Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

Berikut Ini Beberapa Investasi Yang Cocok Untuk Pemula

Investasi merupakan salah satu cara yang bagus agar anda bisa mencapai tujuan finasial di masa depan. Investasi merupakan kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan atau hasil di kemudian hari. Anda bisa menyebut orang yang melakukan investasi dengan sebutan investor.

Jika anda masih ragu untuk melakukan investasi, ada banyak jenis investasi yang cocok untuk para pemula. Biasanya jenis investasi tersebut tidak memerlukan modal yang cukup besar. Dengan modal yang kecil, anda juga bisa melakukan investasi dan mendapatkan keuntungan. Berikut ini adalah jenis investasi yang cocok untuk pemula.

Investasi Reksadana

Investasi reksadana akan sangat cocok untuk para pemula terutama bagi anda yang memiliki waktu dan modal yang terbatas. Reksadana merupakan sebuah wadah untuk menghimpun dana dari investor untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Manajer investasi ini lah yang akan mengatur porsi penempatan dana anda pada pasar uang, saham atau surat utang. Mereka pula yang akan menentukan komposisi saham apa yang anda beli untuk bisa mendapat keuntungan.

Investasi Emas

Investasi lain yang dapat investor pemula coba dalah investasi emas. Pada dasarnya Investasi emas ini sangatlah mudah. Harga emas yang cenderung naik akan bisa meningkatkan keuntungan anda. Kelebihan lain dari investasi emas adalah likuiditas yang tinggi. Sehingga anda bisa mencairkan investasi emas anda dengan cepat kapan saja jika sedang membutuhkan dana. Agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal, sebaiknya anda memilih investasi emas untuk investasi jangka panjang. Misalnya saja hingga 10-20 tahun ke depan. Anda akan bisa mendapatkan hasil yang berkali-kali lipat.

Investasi Deposito

Deposito merupakan produk investasi berjangka yang keuntungannya bisa anda ambil dalam jangka waktu tertentu, biasanya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai dengan 24 bulan. Sehingga dana yang anda tempatkan di deposito tidak likuid atau tidak bisa anda cairkan sewaktu-waktu jika anda membutuhkannya. Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari deposito biasanya berbeda-beda, tergantung kebijakan pada masing-masing bank tempat anda melakukan deposito.

Baca Juga :  Cara Daftar BPOM UMKM dengan Mudah

Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang sedang trendi di kalangan anak muda. Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari investasi saham relatif lebih besar dari jenis investasi yang lainnya. Meskipun demikian, investasi saham termasuk jenis investasi yang memiliki risiko tinggi. Hal itu karena fluktuasi di pasar saham yang terjadi setiap hari akan sangat mempengaruhi keuntungan dari saham yang anda miliki. Oleh karena itu, sebelum masuk ke pasar saham, penting sekali untuk anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai saham.

Nah, itulah beberapa jenis investasi yang cocok untuk para pemula. Perlu anda ketahui bahwa semua jenis investasi memiliki risiko. Oleh karena itu anda harus bisa menyesuaikan tujuan finansial anda dan profil risiko yang anda miliki. Demikianlah dari Rudius Media, semoga bisa menginspirasi anda semuanya.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *