Mengulas Era Marketing 5.0

Marketing 5.0

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini membuat kegiatan marketing pun juga ikut berkembang. Jika marketing 4.0 merupakan era marketing secara digital, kini mulai hadir era baru dalam marketing, yaitu marketing 5.0. Era marketing 5.0 lebih berfokus untuk menyeimbangkan peran dari teknologi dengan nilai kemanusiaan yang ada.

Saat ini, perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang cukup besar kepada perubahan perilaku konsume. ilmu dalam marketing haruslah bisa menyeimbangkan perubahan yang terjadi tersebut dan memberikan solusi terhadap masalah yang ada. Oleh karena itu, marketing 5.0 dapat memberikan penghubung antara peran teknologi yang semakin berkembang dengan nilai-nilai kemanuisaan agar tidak semakin luntur.

Jika anda penasaran dengan apa itu marketing 5.0, berikut ini, saya akan mengulas era marketing 5.0.

Pengertian Marketing 5.0

Marketing 5.0 merupakan konsep marketing yang berfokus pada pamanfaatan dari teknologi dan bagaimana pengalaman dari pelanggan. Marketing 5.0 ini lebih menekankan pada pemanfaatan teknologi dan kemampuan dari manusia itu sendiri untuk meciptakan pengalaman belanja yang baik bagi para pelanggan. Tentunya hal tersebut berbeda dengan era marketing 4.0 yang lebih berfokus pada pemanfaatan teknologi digital untuk marketing.

Berdasarkan pengertian marketing 5.0, metode marketing tersebut memiliki konsep utama tentang bagaimana manusia menggunakan teknologi yang tepat untuk membantu mereka dalam pekerjaan. Perubahan dari era marketing 4.0 menuju era 5.0 sendiri disebakan karena lima hal. Hal tersebut yaitu semakin besarnya jumlah generasi digital-savvy, pengaruh dampak positif dan negatif dari digitalisasi teknologi, adopsi phygital ke dalam lifestyle, perkembangan teknologi yang semakin maju, serta simbiosis antara manusia dengan teknologi yang tak terpisahkan.

Penting Marketing 5.0 Dalam Optimasi Bisnis

Marketing 5.0 memiliki peranan yang penting dalam optimasi bisnis. Itu karena adanya era marketing 5.0 ini melahirkan term baru dalam dunia marketing, yaitu Next Tech dan New CX. Sehingga pada era marketing 5.0 optimasi binis akan bisa tercapai jika perusahaan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan manusia. Berikut ini term baru dunia marketing yang memberikan peran penting marketing 5.0 dalam optimasi bisnis.

  • Next Tech

Next Tech atau bionic merupakan kombinasi antara kemajuan teknologi dengan manusia yang bisa berjalan beriringan. Merurut konsep ini, teknologi yang ada saat ini mencoba untuk meniru manusia dalam hal cara fikirnya, bagaimana menentukan keputusan, dan melakukan aksi dalam hidupnya. Misalnya saja teknologi AI (Artificial Intelligence). AI tersebut mencoba meniru bagaimana cara kerja otak manusia.

Baca Juga :  Pengertian Asuransi Kecelakaan Kerja: Melindungi Pekerja

Selain itu terdapat juga teknologi Naturale Language Processing (NLP) yang telah mereplikasi kemampuan komukasi manusia yang terkadang tidak terstruktur. Kemudian, muncul juga teknologi sensor tech yang memeniru kemampuan sensoring manusia, kemampuan berimajinasi yang menghasilkan teknologi mixed reality serta masih banyak yang lainya.

  • New CX

New CX (Customer Experience) merupakan bagaimana pengalaman pelanggan dalam 5A. 5A merupakan Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate yang dapat berpindah-pindah mulai dari jaringan offline ke online, ataupun sebaliknya.

  1. Tahap aware terjadi ketika pelanggan mengenali suatu brand atau produk.
  2. Tahap appeal terjadi ketika pelanggan mulai tertarik dengan brand atau produk tersebut.
  3. Tahap ask terjadi ketika pelanggan berusaha mencari tahu lebih dalam menganai brand atau produk tersebut.
  4. Tahap act terjadi ketika pelanggan memutiskan untuk melakukan pembelian pada brand atau produk tersebut.
  5. Tahap advocate terjadi ketika pelanggan merekomendasikan brand atau produk yang telah ia beli kepada orang lain.

Penerapan Marketing 5.0 dalam Perusahaan

Untuk melakukan penerapan marketing 5.0 dalam perusahaan, perusahaan harus melakukan otomasi dengan bantuan manusia. Hal tersebut memiliki arti bahwa perusahaan harus bisa memisahkan segala proses bisnis yan memiliki hubungan dengan rutinitas dan proses yang memerlukan pengawasan secara langsung.

Misalnya saja saat ini banyak perusahaan yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membatu pekerjaan yang rutin seperti memasukkan data. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi kerja. Akan tetapi, perusahaan juga masih membutuhkan bantuan dari karyawannya untuk mengawasi dan memberikan pertimbangan pada keputusan sehingga hasil kerja perusahaan menjadi lebih efektif.

Contoh yang lain adalah kegiatan marketing saat ini juga masih membutuhkan bantuan dari manusia meskipun bekerja dengan teknologi. Jika menggunakan teknologi dengan benar, para pelaku marketing dapat mengenal pelanggan mereka dengan lebih baik lagi dan dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan. Sehingga mulai terbangun kepercayaan pada pelanggan dan advokasi pelanggan/konsumen.

Baca Juga :  Cara Berikut Ini Yang Bukan Untuk Menggali Ide-Ide Peluang Bisnis

Tips Dalam Menjalankan Konsep Marketing 5.0

Terdapat beberpa tips yang bisa anda lakukan dalam menjalankan konsep marketing 5.0. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjalankan konsep marketing 5.0, antara lain:

  • Membuat keputusan berdasarkan data

Dengan berkembangnya teknologi membuat anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi mengenai transaksi, panggilan, dan email yang telah terekam secara otomatis. Pelanggan juga akan meinggalkan jejak mereka setaip kali mereka menjelajah di internet ataupun mengatakan sesuatu di dunia maya.

Terlepas privacy, anda bisa mendapatkan informasi yang melimpah dari interaksi pelanggan tersebut. Dengan adanya informasi tersebut, anda dapat melakukan metode marketing yang sesuai kepada setiap pelanggannya sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Memprediksi hasil dari strategi pemasaran

Sebelum melakukan pemasaran, anda bisa melakukan prediksi terkait hasil dari pemasaran anda dengan memanfaatkan pengolahan data yang akan diproses oleh kecerdasan buatan atau AI. Sehingga hasil dari data tersebut menjadi lebih akurat.

Dengan memprediksi hasil dari pemasaran, anda akan bisa mendapatkan pola aktivitas pemasaran dan memahami prediksi hasil tersebut. Sehingga anda akan mendapatkan pembelajaran dari hal tersebut. Anda akan bisa membuat metode pemasaran yang lebih optimal untuk selanjutnya.

  • Membawa pengalaman digital ke dunia nyata

Dengan memnafaatkan teknologi dalam melakukan digital marketing, anda akan bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang kontekstual. Hal itu seperti iklan yang relevan, konten yang dibuat sesuai kebutuhan, dan masih banyak yang lainnya. Sehingga dengan pengalaman tersebut, anda akan bisa membawa bisnis anda yang awalnya memanfaatkan digital marketing menjadi hal yang kontekstual di dunia nyata.

  • Meningkatkan kapasitas pemasar

Anda bisa fokus melakukan marketing dengan memanfaatkan teknologi AI dan NLP sehingga bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan anda dalam menghadapi para pelanggan. Anda bisa memanfaatkan adanya chat bot untuk menangani percakapan yang sederhana dalam jumlah pelanggan yang besar. Dengan begitu anda sebagai pemasar akan bisa bedada di garis terdepan untuk melayani dan berinteraksi kepada pelanggan anda.

  • Mempercepat eksekusi pemasaran

Setiap pelanggan tentunya memiliki preferensi tersendiri, berbeda-beda, dan berubah-ubah. Sehingga hal tersebut membuat trend bisnis terkadang berjalan dengan sangat cepat dan membuat peluang anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar menjadi semakin kecil. Untuk mengatasi mengatasi krisis tersebut, anda bisa mencoba untuk membuat startup yang fokusnya sebagai platform usaha terbuka sehingga anda dapat melakukan kreasi bersama. Sehingga produk atau jasa akan lebih cepat masuk ke pasar.

Baca Juga :  Inilah Perbedaan Antara Etika dan Etiket dalam Bisnis

Kesimpulan

Dengan semakin berkembanganya konsep marketing 5.0 semakin menunjukkan bahwa dalam perkembangan marketing, teknologi menjadi salah satu bagian penting di dalamnya. Dengan perkembangan teknologi dan memanfaatkan market research dengan baik, anda bisa menetapkan target pasar yang lebih luas. Sehingga anda akan bisa memasarkan produk anda tidak hanya di dalam negeri saja, bahkan sampai ke luar negeri.

Semoga artikel tentang mengulas era marketing 5.0 ini bisa memberikan pengetahuan baru untuk anda.

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *