Membuka bisnis Franchise yang berarti Waralaba bisa menjadi salah satu ide bisnis jika kamu ingin mencoba bisnis yang tidak terlalu berat di awal. Meskipun terdengar sederhana, bisnis ini juga begitu menguntungkan. Biasanya meskipun kamu pemula dalam hal berbisnis franchise, kamu tidak perlu bingung-bingung lagi untuk melakukan personal branding, karena franchise sendiri sudah dikenal banyak orang.

Baca Juga : Definisi dan Prinsip Etika Bisnis

Namun, jika kamu tidak bisa memilih franchise yang tepat, bukan tidak mungkin kamu akan menemukan kewalahan nantinya. Untuk itu kamu perlu menentukan dengan matang terlebih dahulu apakah jenis franchise yang bisa kamu jalankan. Untuk itu, ada beberapa cara dibawah ini yang bsia kamu jadikan acuan mengenai bagaimana cara membuka bisnis franchise untuk pemula.

1. Mempersiapkan Sistem dengan Baik

Jika kamu baru saja akan memulai bisnis Franchise, hal pertama yang perlu dan sangat harus kamu perhatikan adalah system yang akan kamu gunakan. Memang franchise merupakan waralaba, tapi bukan berarti sejak awal kamu sudah mewaralabakannya.

Kamu harus membuat system kerja dalam bisnis franchise yang akan kamu gunakan sebaik mungkin dan mampu membuat orang lain yang akan membuat system tersebut terbantu. Namun, tentunya kamu harus memastikannya meskipun tidak selalu berjalan dengan mulus.

 

2. Menyusun Rencana Pemasaran yang Tepat

Salah satu keunggulan dari bisnis Farnchise adalah, kamu tidak perlu memulainya dari titik nol, yang artinya frandchise biasanya sudah memiliki brand sendiri dan sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat.

Dengan begitu, kamu hanya perlu memikirkan bagaimana cara memasarkannya agar bisnis franchise yang ingin kamu lakukan bisa berkembang dengan pesat. Namun, kamu perlu menentukan rencana pemasaran ini juga kepada pemilliki franchise jika perlu agar kamu bisa menyesuaikan model pemasaran yang tepat dan sesuai. Agar anda semakin memahami dalam memulai bisnis seharusnya memahami Definisi dan Prinsip Etika Bisnis.

 

3. Buatlah Proposal dengan Serealistis Mungkin

Dalam bisnis Franchise terdapat beberapa istilah yang akan sering muncul seperti Franchise dan franchisor yang biasanya menjadi satu tim. Suksesnya Franchise dalam menjalankan bisnis Franchise juga dipengaruhi oleh perkembangan dari franchisor.  Itu artinya harus ada perkembangan bisnis yang sama-sama menguntungkan atau adanya symbiosis mutualisme yang kuat untuk keduanya. Dengsn begitu seluruh orang yang terlibat akan sama-sama merasakan dampaknya ke dalam kinerja mereka.

 

4. Memastikan Kualitas Produk yang Baik

Jika kamu sudah mengulik lebih dalam ke dunia bisnis, tentu kamu tidak asing dengan peraturan bernama Lanham Act. Peraturan ini berisikan pemilik brand menyebarkan brandnya dengan ketentuan jasa atau produknya harus tetap dikontrol kualitasnya.

Itulah mengapa dalam pemilihan franchise apa yang akan kamu gunakan sebagai bisnis, kamu harus memilah dan memilih bagaimana produknya. Apakah franchise tersebut terjamin kualitasnya dan aman.

Untuk itu perlu adanya control kualitas, karena tidak menutup kemungkinan omset akan menurun meskipun brandnya sudah besar dan terkenal sekalipun.

 

5. Rencanakan Pendanaan

Salah satu cara yang sangat penting dan akan sangat membantu kamu jika akan memulai bisnis ini adalah merencanakan pendanaan. Kamu harus menghitung dengan detail mulai dari lokasi tempat franchise kamu akan buka, apakah peralatan yang akan kamu gunakan hingga inventory untuk memulai bisnis ini.

Dalam bisnis franchise biasanya, kamu juga perlu melakukan pembayaran terkait franchise fee juga royalty and advertising untuk pengganti biaya training (jika ada), prosedur-prosedur yang ada hingga model pemasaran yang juga sudah tersiapkan oleh Franchisor.

Dalam pendanaan franchise sendiri ada beberapa hal yang umum harus kamu pertimbangkan mulai dari pendanaa  yang perlu memiliki dana pinjaman dari agen pinjaman dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara membuka bisnis franchise untuk pemula yang bisa anda persiapkan sejak sekarang. Matangkanlah konsep dan siapkan modalnya untuk memulai bisnis.

Sekian dari Rudius Media, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *