Saat anda ingin memulai sebuah usaha, ada banyak hal yang harus anda siapkan untuk hal itu. Anda haruslah memiliki ide tentang usaha dan perencanaan usaha terlebih dahulu. Setelah menentukan usaha apa yang akan anda buat, hal yang paling penting selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Meskipun anda beberapa usaha yang tidak memerlukan modal seperti dengan menjadi seorang reseller ataupun dropshipper, sebagian besar usaha juga memerlukan modal. Tanpa adanya modal, rencana usaha yang akan anda buat tidaka akan bisa berjalan dengan baik.

Untuk memulai sebuah usaha, anda memerlukan modal yang cukup agar segala kebutuhan sebelum anda memulai usaha dan kegiatan operasional usaha anda dapat berjalan dengan baik. Anda tentunya akan membutuhkan modal juga untuk melakukan promosi agar usaha anda makin terkenal. Jika anda bingung mengenai bagaimana cara mendapatkan modal usaha yang cukup, anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah eberapa cara untuk mendapatkan bantuan modal usaha tanpa ribet.

Menggunakan Tabungan Pribadi

Untuk mendapatkan modal usaha, pada umunya orang akan mengguanakan uang tabungan pribadi mereka. Namun cara ini tidak semua orang bisa menggunakannya apabila mereka tidak memiliki cukup uang pada tabungannya. Jika anda menggunakan tabungan pribadi, anda bisa menggunakan modal tersebut dengan baik dan tidak perlu khawatir harus membayar kembali modal yang telah anda keluarkan.

Meminjam Kepada Keluarga Ataupun Teman

Jika uang tabungan yang anda miliki tidak cukup untuk modal usaha, anda bisa mencoba untuk meminjam pada keluarga ataupun pada teman anda. Saat melakukan peminjaman pastikan anda telah membuat perjanjian kepada kedua belah pihak dan menjlankan perjanjian tersebut dengan baik. Agar tidak merugikan kedua belah pihak, anda bisa membuat skema pinjaman yang profesional dengan menentukan batas tenggat pembayarannya, waktu, jumlah dana yang dikembalikan dan lain-lain sesuai dengan perjanjian yang telah kedua belah pihak buat.

Menjual Aset

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan modal adalah dengan menjual aset bernilai jual tinggi yang anda miliki. Aset tersebut misalnya saja properti, kendaraan bermotor, perhiasan ataupun barang lain. Namun jika anda hanya memiliki satu aset, anda harus mengorbankan aset tersebut. Pastikan juga utung dan rugi dari aset yang anda jual sehingga anda bisa menentukan apakah hasil penjualan aset tersebut nantinya bisa mencukupi untuk modal usaha anda.

Menggadaikan Aset

Jika menjual aset itu terasa berat untuk anda, anda bisa mencoba untuk menggadaikan aset yang anda miliki. Misalnya saja BPKB, emas, barang leketronik dan lain sebagainya. Ketika anda sudah sanggup melunasi, anda akan bisa menebus barang anda kembali. Jangan lupa untuk memilih perusahaan gadai yang telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa dan Keuangan.

Mencari Invesor

Anda juga bisa mendapatkan modal untuk usaha anda dengan mencari investor. Cara ini memang tidak mudah. Anda harus bisa membuat proposal business plan untuk usaha anda dengan bagus adan menarik. Sehingga akan ada banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi pada usaha anda. Anda juga harus memilik skill komunikasi yang baik sehingga saat mempersentasikan business plan anda di depan investor, mereka akan bisa memilih usaha anda.

Menggunakan KTA

KTA atau Kredit Tanpa Agunan bisa anda dapatkan pada lembaga perbankan. Jika anda ingin menggunakan KTA sebagai modal untuk usaha anda, anda harus memperhatikan suku bunga yang bank tersebut berikan. Jangan memilih layanan KTA yang memiliki suku bunga tinggi. Itu hanya akan membuat anda kesulitan dalam melakukan pembayaran pinjaman tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Jika modal usaha sudah anda dapatkan, anda akan bisa menjalankan recana bisnis anda dengan baik. Sekian dari Rudius Media, semoga menginspirasi anda semua.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *