Tips Bisnis Laundry Pemula yang Sukses!

Tips Bisnis Laundry Pemula yang Sukses

Seberapa menjanjikankah bisnis Laundry saat ini? Seiring berjalannya waktu, pikiran manusia juga berevolusi untuk selalu waspada terhadap peluang.

Dalam masyarakat perkotaan yang sibuk, seperti  pekerja kantoran yang aktif dari pagi hingga malam, mahasiswa yang tenggelam dalam kehidupan kampus, dan ibu rumah tangga yang tidak punya waktu untuk mengurus anak dan mencuci pakaian.

Para pebisnis menyadari bertanya hal tersebut dan menjadikannya sebagai peluang bisnis yaitu laundry. Tapi anda harus memperhatikan Prinsip Etika Bisnis agar bisnis laundry ini bisa sukses. Bisa dibilang bisnis laundry adalah bisnis yang menggiurkan. Tempat laundry bisa menjadi solusi permasalahan masyarakat tersebut terutama di area kampus dan kos-kosan di dekat perkantoran.

Karena tarif yang relatif rendah dan kecepatan mencuci, laundry menjadi semakin popular, terutama laundry kiloan. Jadi apakah Kamu tertarik untuk memulai bisnis laundry ini? Jika iya, sebaiknya baca dulu pembahasan berikut yang akan memberikan tips tepat untuk memulai bisnis laundry, yang bisa juga dengan budget kecil.

Baca Juga :  Definisi dan Prinsip Etika Bisnis

 

1. Berikan harga yang sesuai

Jika Kamu baru pertama kali memulai bisnis, berarti Kamu belum memiliki reputasi sebagai penjual jasa laundry. Dengan cara ini, kita harus menentukan harga yang sesuai untuk layanan yang diberikan.

Sampai saat ini, sebagian besar konsumen selalu menilai layanan berdasarkan harga. Semakin murah harganya, semakin besar kemungkinan konsumen akan datang. Namun, jangan menetapkan harga terlalu rendah, karena dapat menimbulkan umpan balik negatif dari konsumen.

Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga yang cocok untuk wilayah Kamu. Jangan salah dalam menentukan harga.

 

2. Lakukan pelayanan dengan baik

Jangan hanya fokus pada harga, sesuaikan juga strategi dengan pelayanan. Misalnya, Kamu bisa memulai dengan jam laundry pagi, sehingga karyawan Kamu bisa meluangkan waktu untuk datang ke laundry di pagi hari.

Baca Juga :  Inilah Tips Mendapatkan Banyak Konsumen Melalui Media Sosial

Pelanggan juga menghargai toko kamu yang bersih dan kemasan yang indah. Ingatlah untuk menjadikan keramahan sebagai standar pelayanan, agar pelanggan Kamu merasa lebih nyaman menggunakan jasa Kamu. Sehingga ini sesuai dengan Prinsip Etika Bisnis yang jelas – jelas menguntungkan.

 

3. Pilihlah tempat yang strategis

Pemilihan lokasi yang strategis adalah faktor lain yang mempengaruhi bisnis Kamu. Bayangkan, jika kamu membuka usaha laundry di perumahan elit yang sebagian besar isinya  adalah karyawan-karyawan terkemuka.

Kemungkinan yang muncul jika kamu membuka usaha ditempat seperti itu, tentu bisnis kamu akan sepi pelanggan. Namun jika kamu membuka laundry di tempat-tempat yang ramai layaknya kost, kantor, kampus, atau sekolah, tentu ini bisa menjadi peluang untuk memberikan layanan yang memudahkan operasional sehari-hari.

 

4. Tambahkan layanan antar jemput

Sebagai pengusaha sektor jasa, tentunya perusahaan Kamu akan semakin menjadi pilihan pelanggan melalui pelayanan yang maksimal. Menawarkan layanan antar jemput pakaian juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan bisnis laundry.

Lagi-lagi, kebanyakan orang yang menggunakan jasa laundry adalah orang-orang yang sibuk, sehingga menawarkan layanan antar dan jemput laundry akan memberikan nilai plus dari pelanggan-pelanggan kamu.

 

5. Lakukan promosi secara berkala

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cara yang efektif untuk menarik konsumen adalah melalui promosi yang menarik. Kamu juga dapat menyesuaikan jenis promosi berdasarkan anggaran dan tujuan yang ingin Kamu capai.

Sebagai contoh:

Jika kelompok sasaran Kamu adalah pelanggan baru, Kamu dapat menawarkan satu kilo cucian gratis kepada pelanggan baru atau menawarkan mereka hadiah yang menarik.

Jika Kamu ingin meningkatkan kesadaran mereka untuk bisnis Kamu, Kamu mungkin dapat memenuhi persyaratan seperti mengikuti akun media sosial kaundry kamu dan menerima satu kilo cucian gratis. Intinya adalah memiliki promosi rutin yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Kamu sangatlah diperlukan.

Baca Juga :  Inilah Cara Memulai Bisnis Jasa Wedding Photograhy

Itulah beberapa tips jitu yang bisa diikuti jika Kamu ingin memulai bisnis laundry kiloan. Sebenarnya memulai bisnis tidaklah mudah tapi juga akan tidak susah jika ditangani dengan ide dan praktiknya yang tepat dan sesuai dengan Definisi dan Prinsip Etika Bisnis. Semoga kamu berhasil!

Sekian dari Rudius Media, semoga bermanfaat ya!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *