Mengetahui cara membuat rencana bisnis sangat penting bagi setiap pengusaha. Menulis rencana bisnis adalah bukti bahwa Kamu serius dengan bisnis Kamu. Juga, perusahaan tanpa rencana bisnis yang jelas hanya akan berada di zona merah.

Membuat business plan atau rencana bisnis memang tidak mudah. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat.

Rencana bisnis itu sendiri biasanya mencakup tujuan untuk menjalankan bisnis, strategi untuk diterapkan, dan berbagai faktor internal dan eksternal yang perlu dipertimbangkan ketika menjalankan bisnis. Lalu bagaimana  cara membuat rencana bisnis? Setelah Kamu mengetahui faktor-faktor kunci yang perlu dipertimbangkan saat membuat rencana bisnis, Kamu  dapat mulai membuat rencana bisnis Kamu. Buat rencana bisnis dengan 5 cara mudah:

Buatlah Profil Perusahaan

Cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat bisnis plan adalah dengan membuat profil perusahaan. Profil Perusahaan adalah gambaran umum yang memperkenalkan perusahaan Kamu ke berbagai audiens. Misalnya, sejarah perusahaan dapat menentukan bagaimana  perusahaan didirikan, produk  yang dilayaninya, pasar sasaran, dan kepemilikan sumber daya perusahaan.

 

Lakukan Riset Bisnis

Seperti disebutkan di atas, perlu dilakukan berbagai analisis  untuk membuat rencana bisnis. Jadi cara pertama untuk membuat rencana bisnis adalah dengan melakukan riset. Kamu dapat melakukan penelitian ini sendiri atau menggunakan jasa orang lain.

Penelitian yang Kamu lakukan harus relevan dengan bisnis Kamu, mampu menghasilkan hasil untuk dimasukkan  dalam rencana bisnis Kamu, dan  mengatasi sebagian besar masalah yang mungkin  Kamu hadapi dalam usaha bisnis  masa depan Kamu.

 

Rekap Transaksi Keuangan Perusahaan

Pada titik tertentu, Kamu akan memerlukan rencana bisnis untuk mengusulkan investasi Kamu kepada investor dan pihak berkepentingan lainnya. Oleh karena itu, dengan mencatat semua transaksi keuangan, investor dapat memahami arus kas perusahaan Kamu dan berinvestasi dengan lebih percaya diri.

 

Susun Strategi Pemasaran Bisnis

Akhirnya, membuat rencana bisnis sederhana terdiri dari pengembangan strategi pemasaran dan rencana pelaksanaan, termasuk konsep strategis, saluran periklanan, dan anggaran  yang diperlukan.

 

Tentukan Tujuan Dan Visi Misi

Visi, misi, dan tujuan itu penting dan harus ada  dalam organisasi Kamu. Tiga poin ini memandu pekerjaan setiap orang yang terlibat  dalam perusahaan. Itulah sebabnya Kamu pasti harus  membuat visi, misi, dan tujuan yang jelas.

 

Sejajarkan tujuan bisnis

Ini berarti membuat beberapa versi kerangka kerja rencana bisnis  sesuai kebutuhan. Rencana bisnis yang disampaikan kepada investor tentu  berbeda dengan yang disampaikan kepada publik. Namun, untuk membuat rencana bisnis yang baik, perhatikan inti dari kontennya.

 

Buat rencana pemasaran

Produk yang keren bisa terlihat biasa-biasa saja jika tidak dibarengi dengan teknik pemasaran yang baik. Untuk itu, Kamu perlu merencanakan strategi pemasaran agar produk Kamu lebih menarik bagi konsumen. Caranya adalah dengan membuat rencana pemasaran yang  sesuai dengan konteks dan tujuan produk Kamu.

 

Persiapan dokumen yang diperlukan

Siapa pun yang ingin menarik investor wajib melengkapi semua dokumen yang diperlukan. Namun, beberapa mungkin hanya ingin berinvestasi di perusahaan  yang legalitasnya jelas. Dokumen-dokumen ini termasuk arus kas, lisensi  laporan keuangan, dan banyak lagi.

 

Menentukan jenis manajemen perusahaan

Awalnya, Kamu dapat membangun bisnis Kamu sendiri. Tetapi ketika bisnis  Kamu berkembang, Kamu membutuhkan tim. Sekarang, agar pekerjaan  berjalan dengan baik, penting untuk memutuskan manajemen seperti apa yang harus dilakukan.

Masukkan nama departemen beserta tugas yang akan dilakukan. Selanjutnya, tentukan kualifikasi atau keterampilan yang dibutuhkan untuk departemen tersebut.  Kamu juga perlu menghitung jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan bisnis Kamu. Kemudian Kamu bisa mulai mencari bakat untuk mengisi posisi tersebut. Jika perusahaan Kamu tidak membutuhkan tim yang besar, Kamu dapat melewati langkah ini.

Sekian dari Rudius Media, semoga kamu bisa mewujudkan itu semua dengan mudah ya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *