Investasi jangka panjang merupakan sebuah langkah yang dapat anda lakukan untuk menanamkan asset anda dalam jangka waktu tertentu. Untuk bisa disebut dengan investasi jangka panjang, jangka waktu investasi tersebut minimal 5 tahun. Untuk mencapa waktu maksimalnya, anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tujuan dari melakukan investasi jangka panjang adalah agar investor yang telah menaruh asetnya dalam waktu ynag lama bisa mendapatkan penghasilan tetap tanpa harus bekerja atau bisa disebut dengan passive income. Melakukan investasi jangka panjang memiliki banyak manfaat untuk anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan investasi jangka panjang.

Terhindar Dari Inflasi

Setiap tahun, mata uang akan terus mengalami inflasi. Untuk itu anda bisa melakukan investasi jangka panjang untuk asset anda agar bisa terhindar dari dampak inflasi. Sehingga asset anda tidak akan mengalami penurunan karena iflasi.

Meningkatkan Nilai Uang

Dengan melakukan investasi jangka panjang, anda akan bisa meningkatkan nilai uang yang anda miliki. Uang yang anda miliki tersebut akan lebih bermanfaat jika anda investaskan dalam jangka panjang. Misalnya saat anda melakukan investasi emas, dalam jangka panjang harga emas akan semakin naik dan anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Menambah Sumber Penghasilan

Investasi akan bisa menambah sumber penghasilan anda. Jika anda menyisihkan sedikit pengasilan anda untuk investasi, anda akan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Sehingga uang anda akan bisa bertambah. Semakin anda memahami dan mampu memprediksi peluang dalam investasi, maka akan semakin besar pula kemungkinan anda dapat meningkatkan nilai uang anda.

Mendapatkan Efek Compouding

Saat melakukan investasi, bunga yang anda peroleh dari investasi tersebut dapat anda gunakan untuk melakukan investasi lagi. Dengan begitu anda akan bisa mengasilkan bunga dari investasi tersebut. Sehingga dengan investasi jangka panjang, anda akan bisa menambah penghasilan anda dari pendapatan investasi anda sebelumnya.

Mencapai Financial Freedom

Financial freedom atau merdeka secara finansial memiliki arti bahwa penghasilan anda sudah lebih dari cukup unuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari. Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan investasi jangka panjang sehingga anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi tersebut.

Lebih Siap Pensiun

Dengan melakukan investasi angka panjang, anda akan bisa mempersiapkan masa depan anda dengan hasil nvestasi tersebut. Dana investasi tersebut dapat menjadi tabungan di masa tua anda. Sehingga saat anda memilih untuk melakukan pensiun, anda masih memiliki banyak uang untuk kehidupan anda sehari-harinya.

Menambah Wawasan

Anda akan bisa menambah wawasan anda saat melakukan investasi jangka panjang. Hal itu karen saat menjadi seorang investor, anda akan memiliki banyak relasi dengan sesama investor, perusahaan, dan yang lain. Wawasan anda tentang ekonomi dan finansial pun juga akan semakin luas.

 

Itulah beberapa manfaat dari melakukan investasi jangka panjang. Tunggu apa lagi! Segera lakukan investasi jangka panjang anda sebagai bekal untuk masa depan. Demikianlah ringkasan singkat dari Rudius Media, semoga menginspirasi anda semua.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *