Usaha Pertanian Dengan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Pertanian Dengan Modal Kecil Untung Besar

Indonesia sebagai negara agraris memiliki banyak peluang usaha dalam pertanian. Untuk memulai sebuah usaha di dalam bidang pertanian, anda tidak harus memiliki lahan yang luas ataupun modal yang besar. Anda bisa memulai usaha pertanian anda dari rumah dengan lahan yang terbatas. Tapi apa saja sih usaha pertanian dengan modal yang kecil tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar? Anda bisa menyimak ulasannya dibawah ini

Pembuatan Pupuk Kompos

Pembuatan Pupuk Kompos

Usaha pertanian yang bisa anda lakukan adalah membuat pupuk kompos. Membuat pupuk kompos bisa menjadi peluang usaha pertanian dengan modal yang kecil karena anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan sampah rumah tangga di rumah anda. Pupuk kompos memiliki potensi yang besar di pasaran sekarang ini. Itu karena banyak masyarakat yang kini menjadikan bercocok tanam sebagai hobi. Anda bisa memasarkan pupuk anda melalui media sosial ataupun e-commerce.

 

Menjual Tanaman Organik

Menjual Tanaman Organik

Usaha pertanian lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menjual tanaman organik. Di pasaran saat ini, banyak sekali permintaan terhadap jenis tanaman organik yang bebas zat kimia. Hal ini karena banyak orang yang menyebut tanaman organik lebih sehat dan memiliki penampilan yang cukup menarik. Anda tidak akan membutuhkan banyak modal jika ingin menjual tanaman organik anda dari rumah. Anda bisa menggunakan sistem hidroponik yang tentunya hemat lahan dan perawatan tanamanya menjadi lebih mudah.

 

Bisnis Tanaman Hias

Bisnis Tanaman Hias

Bukan hanya bercocok tanam saja yang telah menjadi hobi di kalangan masyarakat, akan tetapi merawat tanaman hiaspun juga sudah menjadi hobi di kalangan masyarakat. Banyak orang yang menyukai tanaman hias karena mudah dalam perawatannya dan dapat mempercantik ruangan rumah mereka. Tanaman hias juga bisa membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk. Contoh tanaman hias yang bisa anda jual antara lain: Monstera atau Janda Bolong, Philodendron Micans, Calathea, Cryptanthus Red, Lidah Mertua, dan Begonia atau Sri Rejeki.

Baca Juga :  Pengertian Laba Bersih: Membongkar Arti dan Signifikansinya

 

Menjual Tanaman Obat

Menjual Tanaman Obat

Anda juga bisa menjual tanaman obat. Tanaman obat kini juga sedang populer di kalangan masyarakat. Banyak sekali orang yang membutuhkan tanaman obat untuk diolah menjadi obat herbal. Hal itu merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena obat-obatan herbal kini dibanderol dengan harga yang cukup mahal di pasaran. Anda bisa mencoba untuk menanam jenisa tanaman apotek seperti daun siri, temulawak, ataupun kumis kucing. Anda tidak memerlukan lahan yang besar untuk menanam tanaman tersebut.

 

Usaha Bibit Tanaman

Usaha Bibit Tanaman

Usaha pertanian lain yang dapat anda lakukan adalah menjual bibit tanaman. Dengan menjual bibit tanaman, anda tidak memerlukan modal yang besar. Usaha ini juga memiliki potensi yang besar di pasaran. Anda harus memastikan bibit tanaman anda itu berkualitas sebelum anda jual ke pasaran. Anda bisa menjual beragam bibit tanaman, mulai dari sayur-sayuran, tanaman obat, ataupun tanaman hias. Bibit tanaman yang seringkali orang cari antara lain cabai, kangkung, bayam, sawi, dan selada.

 

Menjual Tanaman Rempah

Menjual Tanaman Rempah

Semua orang tahu bahwa negara indonesia ini sangat kaya akan rempah-rempahnya. Kekayaan akan rempah-rempah ini juga mengundang permintaan pasar luar negeri yang cukup tinggi. Oleh karena itu, anda juga bisa mencoba untuk menjual rempah-rempah tesebut. Ada banyak sekali rempah yang bisa anda pilih dalam usaha anda, seperti akar wangi, asam jawa, kapulaga, cabai, bawang putih, bawang merah, hingga cengkih.

Itulah beberapa usaha pertanian dengan modal kecil tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Anda bisa mulai mencoba untuk membuat usaha pertanian anda sendiri dari rumah. Sekian dari Rudius Media Ya, Semoga bermanfaat

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *