Hampir disetiap sudut kota pasti kita jumpai penjual bisnis angkringan yang takpernah sepi. Tingginya peminat akan angkringan atau nasi kucing ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Meskipun dihimpit oleh banyaknya café yang banyak pula, tak membuat surut para penjual angkringan ini.

Pernah kah anda memikirkan bisnis angkringan ini secara mendalam?. Bagaimana mungkin dengan harga yang murah dari nasi kucing ini bisa menguntungkan? Untuk menghilangkan rasa penasaran anda, mari simak ulasan tentang usaha angkringan ini ya.

Apa itu Bisnis Angkringan?

Bisnis Angkringan atau yang sering kita kenal sebagai penjual nasi kucing ini target pasarnya pada kalangan anak muda dan masyarakat ekonomi menengah kebawah. Dengan menjual nasi kucing seukuran kepal tangan dan harga yang murah, menjadi daya tarik konsumen untuk membelinya. Awal mulanya memang banyak kita jumpai dipinggir jalan namun sekarang sudah berani tampil modern dengan buka di ruko maupun rumah.

Selain itu tempat angkringan ini biasanya menjadi tempat kumpulnya muda dan mudi saat malam hari. Jadi bila anda ingin membuka bisnis angkringan ini tidak akan kesulitan untuk mencari target pelanggannya. Tapi agar lebih mantab lagi, anda bisa simak keuntungan dan kekurangan Bisnis Angkringan agar anda mengerti strategi dalam menjalankan usaha angkringan ini.

Keuntungan Bisnis Angkringan

Permodalan Yang Minim

Perlu anda ketahui bahwa untuk memulai bisnis hal yang sangat penting adalah modal. Entah itu modal dana, waktu, tenaga dan lain sebagainya. Tapi pada bisnis angkringan ini modal yang dibutuhkan tidaklah banyak. Bahkan bisa diperkirakan untuk bisnis angkringan ini masuk kategori bisnis modal minim di bawah 10 Juta Rupiah.

Yang harus dipersiapkan awalnya adalah gerobak, peralatan makan dan minum, kompor, peralatan memasak, tenda, tikar, dan lain sebagainya. Untuk masalah tempatpun anda bisa memanfaatkan halaman toko atau pun rumah yang dekat dengan akses jalan raya. Nantinya pelanggan akan datang dengan sendirinya. Jadi modalpun bisa ditekan seminimum mungkin sesuaikan dengan kebutuhan usaha yang akan anda inginkan nantinya.

 

Tidak Membutuhkan Keahlian Tertentu

Tak seperti pada bisnis lainnya, pada bisnis angkringan ini anda tidak memerlukan keahlian dan sertifikasi tertentu. Karena yang dibutuhkan hanya skill melayani pembeli dalam hal makanan dan minuman saja. Dan kebanyakan dari bisnis angkringan ini, hampir semua dagangan seperti nasi, sate, telur, gorengan dan lain sebagainya itu titipan dari orang. Anda tidak usah memikirkan cari resep makanan angkringan, anda cukup menjualkan saja.

 

Mudah Untuk Dikelola Semua Kalangan

Dalam menjalankan bisnis ini, sebenarnya tidaklah sulit untuk mengelolanya. Cocok sekali untuk anda baik muda maupun tua. Dewasa ini usaha angkringan nasi kucing ini banyak digandrungi oleh pembeli baik kaum muda maupun tua. Sehingga bila anda memulai bisnis ini tidaklah memerlukan kemampuan khusus dalam menjalankannya. Apalagi bisnis ini sedang booming, pasti pembeli akan mudah untuk didapatkan.

 

Kekurangan Bisnis Angkringan

Membutuhkan Tenaga Ekstra Saat Buka dan Tutup Bisnis Ini

Dari sisi kekurangannya bisnis ini mengharuskan anda untuk mendirikan tenda dan membongkar tenda setiap harinya. Tentu anda akan mengeluarkan energi ekstra saat Ketika mau buka maupun tutup. Ini resiko bila anda masih menumpang dihalaman toko ataupun trotoar yang mana bersifat sementara. Tapi ini bukanlah masalah yang besar untuk anda dalam membuka usaha nasi kucing ini. Karena setiap usaha pasti memerlukan perjuangan dan pengorbanan baik uang, waktu dan tenaga.

 

Resiko Kerugian saat Cuaca Tidak Bersahabat

Kemudian saat cuaca hujan pasti pembeli akan malas untuk keluar rumah. Sehingga omset anda akan berpengaruh menurun bila dibanding dengan dengan cuaca yang cerah. Tapi terkadang masih ada saja pelanggan yang mau mampir walaupun hujan. Oleh karena itu anda wajib untuk mempersiapkan peralatan lainnya untuk mengantisipasinya agar tidak terganggu untuk melayani pelanggan anda walaupun cuaca sedang hujan.

 

Resiko Makanan Basi Saat Tidak Laku

Yang biasa menjadi momok dalam usaha kuliner adalah Ketika barang dagangan tidak habis. Walaupun ada beberapa item yang merupakan titipan dari orang lain, tetapi untuk menarik pembeli kita wajib untuk melengkapi menu dan varian makanan di bisnis angkringan ini. Sehingga sebagai penjual anda harus bisa memperkirakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Atau bila tidak lakupun anda harus memikirkan barang ini tetap bisa dimanfaatkan.

 

Itulah beberapa ulasan menarik dari bisnis angkringan ini. Anda bisa memulainya dengan mudah unjtuk membangun usaha angkringan ini. Perhatikan beberapa penjelasan diatas agar anda bisa memiliki pedoman kuat dalam berbisnis angkringan ini.

Sekian dari Rudius Media, semoga bermanfaat untuk para pemula yang ingin membuka usaha.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *