Ide Bisnis Makanan Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula!

Ide Bisnis Makanan Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula!

Bisnis memasak pada dasarnya bisa dijalankan dengan dua cara yaitu bisnis online dan offline. Bisnis kuliner saat ini bukan hanya sekedar mengenyangkan dan merasa kenyang, namun mengikuti perkembangan tren yang  banyak diikuti masyarakat saat ini, termasuk para generasi muda.

Apalagi saat ini, ada banyak orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak sendiri. Menjual makanan secara online sekaligus memberikan penawaran ekstra dengan satu paket beserta delivery bisa menjadi salah satu cara yang menguntungkan selama menjalankan bisnis ini.

Bisnis makanan online ini tentu akan berkembang pesat, terutama di era digital. Bahkan sekarang sudah banyak juga yang memberikan penyedia jasa pengiriman khusus untuk makanan online. Dengan mendaftarkan brand produk kamu lemngkap dengan koneksi layanan jasa delivery tentu akan membuat usaha kamu lebih efisien dan juga lebih cepat merambah konsumen.

Menggunakan media sosial untuk promosi makanan juga dapat membantu bisnis Kamu berkembang saat Kamu ingin menjangkau konsumen yang lebih luas. Jadi apa kamu tertarik dengan ide terlaris untuk menjual bahan makanan secara online?

Rekomendasi Ide Bisnis Makanan Online

1. Lunch Box Cake

Membeli kue ukuran standar bisa jadi harganya akan terlalu mahal. Nah, kue bento atau disebut juga dengan Lunch Box Cake, bisa menjadi pilihan untuk peluang bisnis. Kue ala Korea yang satu ini pasti sedang populer di mana-mana.

Ini adalah kue dengan desain yang unik dan lucu yang bisa Kamu nikmati, tidak hanya di mulut tetapi juga dengan mata Kamu. Konsep kue bento menggunakan kotak makan siang juga membuat kue ini terlihat lebih cantik.

Jika Kamu tertarik untuk menjalankan bisnis ini, kamu dapat menawarkan berbagai jenis kue seperti kue bolu, kue red velvet dan masih banyak kue lainnya. Kamu juga dapat memberikan tema sederhana seperti penambahan font dan karakter kartun.

Juga, jangan lupa bahwa kue bento ini harus dikirimkan pada hari yang sama. Selain itu, Kamu harus menyediakan layanan pengiriman sendiri agar kue tidak rusak. Yang paling penting adalah memastikan bahwa krim yang Kamu gunakan untuk mengoleskan kue itu baik dan tidak mudah copot. terutama rusak selama proses pengiriman.

 

2. Catering Healthy Food

Catering sehat ini bisa digunakan tidak hanya untuk kebutuhan diet, tapi juga bagi mereka yang memang ingin menyehatkan tubuh. Karena katering sehat khusus untuk kondisi seseorang, setiap menu yang diberikan mampu mengontrol tingkat gizi. Catering sehat  juga menjadi salah satu trend di masyarakat saat ini.

Untuk katering sehat, katering biasanya disediakan mingguan atau bulanan. Misalnya, dalam seminggu, pelanggan mendapatkan menu sarapan dan makan malam dengan menu yang berbeda setiap harinya.

Kamu juga harus memperhatikan kandungan kalori dari setiap menu dan mencantumkan jumlah kalori dari setiap bahan yang digunakan. Membuat konsumen mengetahui konten yang terdapat dalam menu. Juga, pilih bahan organik segar untuk setiap makan.

Kamu juga perlu merencanakan beberapa bentuk penyajian untuk menghindari makanan yang ketinggalan zaman. Apalagi makanan tersebut tidak langsung dimakan begitu kamu sajikan. Pastikan kemasannya mampu membuat makanan kamu bertahan lebih lama di suhu ruang.

 

3. Rice Box

Ide selanjutnya yang perlu diketahui adalah nasi kotak atau Rice box yang sedang booming di Indonesia. Jika biasanya, nasi kotak disajikan dengan kotak putih dengan menu yang itu-itu saja, nasi kotak sekarang jauh lebih bervariasi dan memiliki penyajian yang mampu menggugah mata.

Baca Juga :  Inilah Cara Memulai Bisnis Toko Perkakas

Nasi kotak biasanya berisi ayam berlapis tepung seperti karage, bersama dengan saus trendi, nasi, dan salad. Untuk variasi makanan, kami dapat menawarkan makanan seperti Ayam sambal matah, Bulgogi Saus Puldak, Ayam Cabai Hijau, dan Ayam Telur Asin.

Karena keboomingannya saat ini, tentu kamu tahu bahwa sudah ada banyak sekali foodcourt yang menyajikan rice box ini. Namun, kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa memberikan inovasi-inovasi terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga rice box yang kamu jual bisa lebih menonjol dan tak kalah dengan yang lain.

Sebagai contoh kamu bisa melakukan branding melalui media social dan mencoba lebih interaktif dengan konsumen, atau bisa juga dimulai dengan kemasan yang unik.

 

4. Vietnam Roll

Vietnam Rool atau untuk versi Indonesianya yaitu Lumpia segar adalah makanan kesehatan yang populer. Biasanya makanan ini berisikan sayuran dan makanan laut yang dibungkus kertas nasi atau rice paper dengan saus segar di sampingnya.

Untuk ide ini, Kamu bisa menjualnya dengan sistem paket. Vietnam roll beku juga dapat ditawarkan karena bahan-bahannya sudah termasuk dalam paket, memungkinkan konsumen untuk memproduksi dan menikmatinya sendiri.

Pastikan bahan-bahan yang Kamu pilih masih segar, dan saat mengirimkannya ke konsumen, Kamu juga harus menjelaskan bagaimana mereka akan disajikan dan berapa lama lumpia segar Vietnam bisa disimpan, entah di suhu ruang atau saat disimpan dalam freezer.

 

5. Snack Pedas

Meskipun makanan satu ini bisa membuat sakit perut, tapi suguhan pedas ini banyak peminatnya. Kebanyakan orang Indonesia tidak memiliki makanan pedas dalam makanan utama mereka, karena biasanya makanan pedas akan jauh lebih enak dinikmati jika digunakan sebagai cemilan saja.

Dengan demikian, tentu kamu akan mendapatkan banyak pelanggan jika menjual snack berbau pedas. Jajanan pedas yang bisa Kamu jual sangatlah bervariasi mulai dari keripik kaca, keripik usus, makaroni pedas,  dan mie lidi pedas.

Selain menggunakan media sosial dan marketplace, Kamu juga bisa melakukan outsourcing dan berjualan di warung makan dan restoran. Namun, Kamu harus selalu memeriksa kualitas semua camilan Kamu dan memberikan informasi tentang tanggal kedaluwarsa.

 

6. Kreasi Korean Food

Seperti yang kita tahu, bawah Korean street food tengah banyak digandrungi oleh masyarakat kita, terutama mereka yang suka sekali dnegan segala sesuatu yang berbau korea.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjual berbagai produk Korean street food sebagai ide bisnis makanan online yang cukup menjanjikan.

Ada banyak jenis Korean street food yang bsia kamu jual dengan harga yang ramah dikantong seperti Gyeran Ppang, sosis goreng dan teokbokki tusuk, roti bakar bulgogi, twisted ice cream, mandu, mayak gimbap dan masih banyak lagi.

Untuk membuat produk kamu lebih berbeda dan terlihat menggugah selera, kamu bisa gunakan branding yang baik dan menggunakan packaging serta strategi pemasaran yang mumpuni.

 

7. Dessert Box

Dessert yang memiliki cita rasa manis dan segar ini bisa dijadikan referensi untuk memulai bisnis makanan online Kamu. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi tampilannya  juga enak dan menggugah selera, apalagi bagi anak-anak.

Dessert box yang saat ini sedang banyak diminati antara lain adalah Dessert Box Oreo, Dessert Box Mangga, Dessert Box Tiramisu, Kue Mandi Susu, dll. Kelebihan dari dessert box ini adalah bahan yang digunakan sangat sederhana. Jadi kamu tidak perlu repot menyiapkan bahan-bahan yang banyak.

Kekurangan lainnya adalah dessert box harus selalu disajikan dalam keadaan dingin. Untuk pengiriman juga harus dibatasi. Jika tidak, risiko terbesar adalah kotak makanan penutup basi dan rusak dalam perjalanan. Oleh karena itu, Kamu dapat menggunakan fitur same day delivery bersamaan dengan platform ojek online.

Baca Juga :  Ini Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memulai Bisnis Makanan

 

8. Hampers Cake

Hampers sekarang tidak hanya diberikan pada hari-hari khusus seperti hari raya Idul Fitri dan hari libur lainnya, tapi juga sudah merambah menjadi salah satu jajanan yang bisa kamu jual sebagai hadiah atau makanan hadiah.

Banyak orang memberikan hampers kepada kerabat dekat sebagai tanda ucapan selamat dan terima kasih. Kamu dapat mencantumkan isi dan kemasan hampers hadiah Kamu di media sosial atau di marketplace pilihan Kamu. Juga, jangan lupa untuk mengambil gambar yang jelas dari setiap produk.

Ide hampers kue ini adalah ide penjualan yang tidak membutuhkan banyak modal tetapi menghasilkan keuntungan yang besar. Namun, Kamu juga harus memiliki keranjang yang pas untuk menghindari kerusakan.

 

Tips Memulai Bisnis Makanan Online Khusus Pemula

Jangan khawatir jika Kamu baru pertama kali  memulai  bisnis makanan, terutama jika berjualan makanan online sudah mulai marak sekarang ini. Di bawah ini adalah beberapa ide dan tips khusus untuk pemula yang harus Kamu ketahui sebelum memulai bisnis makanan online Kamu.

Temukan ide yang sesuai denganmu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner adalah memutuskan jenis makanan/minuman apa yang ingin Kamu jual. Referensi makanan dan minuman yang bisa dijual secara online adalah:

  • Makanan beku
  • Hidangan pedas dengan level yang dapat dipilih
  • Lauk olahan kering
  • Seblak, cilok, bakso aci instan
  • katering makan siang
  • Kue kering atau keripik asin
  • Permen dan coklat
  • Kotak makanan penutup
  • Secara harfiah kopi
  • Salad sayur dan buah
  • Camilan sehat

Setelah Kamu memutuskan produk mana yang akan dijual, pastikan makanan dan minuman Kamu aman dan tahan lama jika Kamu perlu mengirimkannya ke pelanggan yang jauh. Cek expired date dan pastikan paket yang Kamu gunakan juga aman untuk melindungi makanan dan minuman Kamu hingga tiba di tempat tujuan.

 

Cari target pasar yang tepat

Setiap bisnis kuliner memiliki target pasarnya masing-masing. Setelah Kamu memutuskan ide untuk makanan yang ingin Kamu jual, cari tahu siapa target pasar Kamu dan seberapa tertarik Kamu dengan produk yang Kamu coba jual.

Kamu dapat meneliti target pasar Kamu dengan membaca tren  media sosial atau menjelajahi web. Selain itu kamu juga bisa melakukan survey kecil-kecilan kepada kerabat dekat dan teman kamu tentang ide bisnis yang ingin kamu jalankan, sehingga kamu mendapatkan gambaran yang lebih jelas siapa yang ingin kamu targetkan nantinya saat menjual produk masakan kamu.

Misalnya, makanan seperti salad buah dan sayur banyak dinikmati oleh anak muda yang menyukai gaya hidup sehat. Kamu dapat menjual makanan tersebut ke komunitas sehat seperti komunitas gym dan komunitas kebugaran lainnya.

Contoh lain adalah katering makan siang. Makan siang ini cocok untuk pemasaran ke pekerja kantoran untuk waktu yang terbatas. Menu katering dapat disesuaikan setiap hari untuk  memenuhi kebutuhan diet konsumen, menghilangkan kebutuhan konsumen untuk menghabiskan waktu  memilih makanan sehat.

 

Riset pemasok dan distributornya

Bahan baku diperlukan untuk menjalankan bisnis online. Bahan mentah diolah menjadi produk jadi sebelum diperdagangkan. Bisnis online adalah bisnis yang harus memiliki tanggal kedaluwarsa dan memiliki batasan makanan yang layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga :  Inilah Cara Memulai Bisnis Sewa Apartment yang Bisa Anda Coba

Oleh karena itu, pastikan bahan makanan yang Kamu sediakan merupakan bahan dari sumber terpercaya untuk menyediakan bahan makanan segar. Dalam hal kualitas dan ketersediaan bahan makanan, memastikan pemasok yang tepat dan akan menghilangkan masalah jangka panjang dalam menemukan sumber bahan makanan saat dibutuhkan.

Pastikan Kamu memiliki pemasok cadangan selain pemasok utama Kamu. Tujuannya adalah untuk memiliki bahan lain tanpa menghabiskan waktu mencari pemasok lain dalam situasi mendadak di mana pemasok utama kehabisan stok.

Kamu juga perlu memastikan bahwa pemasok pilihan memiliki sistem distribusi yang tepat dan tepat waktu untuk memastikan paket tiba dalam kondisi dan kualitas terbaik.

 

Putuskan tempat pengolahan produk kamu

Kamu tidak perlu menyewa tempat tertentu untuk memulai bisnis makanan online. Namun, pastikan Kamu tahu di mana makanan atau minuman yang  Kamu coba jual diproduksi.

Jika Kamu pergi langsung ke tempat perawatan, pastikan area perawatannya masuk akal dan higienis. Namun, jika Kamu ingin menyewa lokasi tertentu untuk pengolahan produk, pastikan lokasi tersebut dekat dengan sumber pemasok makanan untuk mengurangi produksi makanan dan minuman.

 

Buat pembukuan keuangan khusus

Tentukan sumber dan jumlah dana yang Kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis Kamu. Kami juga perlu menetapkan sasaran bulanan, triwulanan, atau  tahunan untuk mengetahui pemasukan dari bisnis makanan online kamu.

Mendefinisikan tujuan yang terencana dengan baik dan jelas akan membantu Kamu memutuskan strategi penjualan Kamu nantinya. Selain itu, jika Kamu mendapatkan modal dari investor, tujuan terstruktur juga akan membantu Kamu mendapatkan suntikan modal yang lebih baik.

 

Tentukan brand, packaging dan strategi promosi

Pilih nama yang sesuai dengan makanan yang Kamu jual. Ketika konsumen mencicipi makanan dan meras  enak, mereka akan mengingat nama makanan tersebut. Nama yang catchy memudahkan bahan makanan Kamu menjangkau pasar yang lebih luas.

Kemasan makanan juga perlu disesuaikan dengan target pasar. Jika kelompok sasarannya adalah anak-anak, desain cerah dan paket berwarna terang lebih cocok daripada paket berwarna gelap yang dominan.

Untuk pemasaran, kami menggunakan strategi pemasaran digital, baiknya  melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya yang sesuai dengan target pasar Kamu. Kamu juga bisa memasang iklan berbayar melalui media sosial untuk memastikan makanan yang Kamu jual menjangkau khalayak yang lebih luas.

Ingin lebih mudah? Platform pesan-antar makanan seperti GoFood, GrabFood, dan Shopee Food memudahkan pemasaran bisnis kuliner Kamu. Untuk mempermudah mengelola pesanan makanan yang masuk melalui ketiga platform ini, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi OrderManager Hubster yang bisa Kamu coba secara gratis.

 

Tentukan variasi produk kamu

Pikirkan secara spesifik tentang produk dan menu utama yang paling banyak diminta konsumen dari makanan yang dijual. Secara umum, jika ada konsumen baru yang ingin mengetahui kualitas makanan dari kamu, mereka cenderung tertarik dengan semua “menu terlaris” yang dipilih dari menu yang ditawarkan.

Berinovasi terus menerus saat menjalankan bisnis Kamu. Coba variasi baru yang sesuai dengan minat Kamu. Dengan terus berinovasi, bisnis kuliner dapat bertahan dan berkembang secara pesat.

Manakah dari ide menjual bahan makanan di atas secara online yang terbaik untuk memulai bisnis? Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis Kamu.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis kelontong yang bisa Kamu coba beserta tips memulai bisnis makanan online untuk pemula. Kemudian ketika bisnis Kamu tumbuh dan berkembang besar, bukan tidak mungkin Kamu berkembang melalui penjualan offline.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *