Kuliah adalah waktu yang paling membahagiakan bagi kebanyakan orang. Sebagai aturan, siswa hidup mandiri dan jauh dari orang tua mereka. Dalam situasi ini, mahasiswa harus mengatur kehidupan mereka dengan baik, termasuk  masalah keuangan.

Kebutuhan mahasiswa beragam, dan ada kalanya kuota bulanan tidak mencukupi. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang bekerja paruh waktu untuk menambah uang saku mereka. Banyak perusahaan menawarkan peluang kerja paruh waktu kepada mahasiswa. Namun, jam kerja dianggap tidak fleksibel.

Jika Kamu tidak ingin terlalu ketat pada waktu Kamu, tetapi tetap ingin menghasilkan uang, cobalah ide bisnis mahasiswa  ini.

Ide Bisnis Unik Mahasiswa Cocok Untuk Anak Kos

1. Jual Barang Thrift

Hal pertama yang bisa dicoba oleh mahasiswa dalam memulai bisnis adalah menjual barang bekas  atau thrift. Barang bekas cenderung lebih murah daripada aslinya, sehingga mahasiswa membutuhkan dana yang sangat sedikit. Hal yang sama berlaku untuk barang bekas. Ini biasanya barang bekas penjual.

Apakah Kamu memiliki barang-barang yang  jarang digunakan dan  dalam kondisi baik? Tidak ada yang salah dengan menjual barang-barang ini. Dilengkapi dengan gadget dan koneksi internet, kini Kamu bisa menjual barang-barang kesayangan Kamu kapan saja. Mereka berdua menjualnya ke media sosial melalui marketplace.

Bisnis ini merupakan peluang yang menjanjikan dan tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi jika barang yang dijual sedang digemari. Buat akun yang dirancang khusus untuk menjual produk mereka. Sertakan keterangan menarik dengan gambar yang jelas dan beberapa kreativitas dalam posting Kamu untuk membantu Kamu mengingatnya.

 

2. Jual Lukisan Tangan

Banyak orang kini menjual lukisan, namun biasanya lukisan yang dibuat hanya mengandalkan aplikasi atau software untuk melukis wajah seperti lukisan tangan. Tentu saja, hasil menggambar dengan perangkat lunak sangat berbeda dengan yang digambar dengan tangan.

Oleh karena itu, celah ini dapat diubah menjadi area bisnis. Terutama yang memiliki bakat melukis. Selain itu, menjalankan bisnis yang berkaitan dengan lukisan juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan yang cukup signifikan.

apalagi jika Kamu mematok tarif yang tinggi. Tak hanya itu, lukisan yang dibuat langsung dengan tangan lebih berharga bagi pecinta seni daripada yang dibuat oleh komputer.

 

3. Ghost writer

Punya bakat menulis, tapi masih belum berani menulis di media? gunakan skill ini untuk berlatih. Ide bisnis mahasiswa yang baik adalah menjadi penulis bayangan. Sesuai dengan namanya, penulis menulis atas permintaan, tetapi namanya tidak disebutkan.

Itu membuatnya menjadi penulis bayangan. Misalnya, kamu menerima penulisan artikel untuk situs web tentang teknologi. Penulis dapat mengerjakan artikel sebanyak yang mereka inginkan, tetapi situs akan menerbitkan artikel bukan atas nama mereka. Bidang ini akan meningkatkan keterampilan menulis Kamu dan membangun kepercayaan diri Kamu.

 

4. Jasa Desain Grafis

Jika mencermati perkembangan dunia digital saat ini, tidak diragukan lagi bahwa permintaan jasa desain grafis di Internet semakin meningkat. Bisnis jasa desain grafis merupakan salah satu contoh bisnis kreatif bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan desain grafis.

Banyak pengusaha desain yang mengatakan bahwa bisnis ini sangat menguntungkan. Tentu saja, menjalankan bisnis ini membutuhkan keterampilan pemrosesan gambar, kreativitas, dan alat yang tepat.

Selain itu, Kamu harus dapat menggunakan setidaknya satu perangkat lunak pengedit gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw. Memang bisnis jasa desain grafis ini merupakan bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan desain.

 

5. Jastip

Pernahkah Kamu mendengar tentang toko Jastip (layanan setoran)? Mungkin begitu, tapi mungkin juga tidak.

Jastip adalah singkatan dari Jasa Titip atau Service Delivery, bisnis unik yang membantu para pebisnis membeli produk tertentu di satu tempat.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang suka travelling dan yang sering ke mall. Meski tidak terlalu populer, tetapi bisnis Justip cukup besar keuntungannya.

 

6. Influencer

Apakah Kamu cukup populer di media sosial dan memiliki banyak pengikut? Jika demikian, Kamu memenuhi syarat untuk  menjadi seorang influencer.

Seperti yang kita ketahui para pebisnis sering menggunakan jasa influencer di media sosial  untuk mempromosikan produk dan bisnisnya, tentunya ini menjadi peluang bisnis dan uang jajan yang sangat menjanjikan.

 

7. Jasa Gift Box

Baru-baru ini, permintaan untuk karangan bunga dan kotak hadiah meningkat di kalangan siswa. Permintaan karangan bunga dan kotak kado biasanya tinggi saat musim kelulusan dan acara-acara khusus lainnya. Bisnis semacam ini bergantung pada kreativitas dan kemampuan langsung, jadi ada baiknya bagi siswa untuk mencobanya.

 

8. Jual Aksesoris Handphone

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa menjual aksesoris smartphone adalah ide bisnis yang layak. Dengan banyaknya jenis dan merek smartphone yang beredar saat ini, bisnis aksesoris juga menjadi target konsumen yang besar.

Terlebih lagi jika kamu mencoba hal baru dalam desain aksesoris ponsel dan mengikuti trend yang ada. Maka, tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan berkembang pesat di kemudian hari.

 

9. Penulis Artikel Lepas

Menjalankan bisnis penulisan artikel merupakan salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang cukup potensial. Jika Kamu suka menulis atau memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan ide secara tertulis, peluang bisnis  mahasiswa  ini cocok untuk Kamu.

Bisnis ini relatif mudah dilakukan, tidak memerlukan modal yang besar, dan membutuhkan modal yang sangat sedikit. Untuk melakukan itu, Kamu memerlukan peralatan standar, antara lain: Koneksi internet yang cukup stabil dengan perangkat laptop Kamu.

Juga, bagi  yang suka menulis, bisnis ini tentu  menjadi tempat yang asyik untuk berkreasi. Dengan kreativitas dan imajinasi Kamu, Kamu dapat menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja.

Ada beberapa perusahaan online yang dikhususkan untuk mahasiswa, tetapi yang ini  yang paling mudah. Pada dasarnya, teks untuk media online dan konten kreatif masih diminati, sehingga peluang sebagai penulis lepas sangat menjanjikan.

Kamu bisa menemukan peluang menulis freelance secara online melalui blog dan website freelance seperti Projects.co.id, Sribulancer.com dan Freelancer.co.id.

 

10. Menjual Snack Kekinian

Banyak mahasiswa maupun anak-anak menyukai jajanan. Karena jajanan itu menyenangkan. Sebagai sesama mahasiswa, tentu tidak akan sulit bagi kamu mengetahui seperti apa selera jajanan kekinian yang tengah digandrungi oleh kalanganmu.

Pemula disarankan untuk menggunakan sistem pre-order untuk meminimalkan potensi kerugian. Temukan pemasok yang dapat diandalkan, beli grosir dan kemas merek kreatif Kamu sendiri.

Jika Kamu memiliki keberanian, Kamu juga dapat membuat suguhan sendiri dan memberikan  promo menarik kepada beberapa pembeli pertama.

 

11. Jasa Fotografer atau Vidiografer

Mengabadikan momen adalah hal sehari-hari, apalagi saat itu penting. Orang sering meminta bantuan fotografer dan videografer untuk mendapatkan eksposur yang lebih baik. Peluang ini dapat digunakan sebagai ide bisnis yang unik bagi siswa.

Sebagai generasi yang lebih maju, banyak mahasiswa yang memiliki pengalaman dan selera menembak yang lebih baik. Manfaatkan kesempatan ini untuk melatih keterampilan Kamu sambil memperkenalkan layanan Kamu kepada orang-orang di sekitar Kamu. Dengan menambahkan keunikan Kamu sendiri, orang akan menggunakan jasa kamu.

 

12. Joki Game

Jika berkaitan dengan bisnis game, Layanan Game Jockey adalah peluang bisnis unik Kamu berikutnya. Game Jockey menyediakan layanan untuk menilai karakter game yang ingin naik level atau berpartisipasi dalam event tertentu. Tentu saja, jika Kamu ingin menjadi joki, Kamu harus menguasai permainannya.

 

Tips Membuka Bisnis Unik untuk Mahasiswa

1. Awali dengan Riset Pasar

Eddi Danusaputro, Presiden Direktur dan Direktur PT Mandiri Capital Indonesia, mengatakan penting bagi calon pengusaha untuk meneliti secara menyeluruh produk dan jasa apa yang ingin mereka jual ke publik. Alokasi konsumen juga harus dilakukan dengan hati-hati. Pemilik bisnis perlu memahami karakteristik konsumen yang ingin dibidik.

 

2. Buat Inovasi Produk atau Jasa

Eddi melanjutkan, banyak produk dan layanan yang tersedia saat ini yang memudahkan kehidupan masyarakat, tetapi tidak di pasaran. Biasanya ini terjadi karena  pengusaha muda tidak mau berkembang atau berinovasi untuk lebih mengembangkan produk dan layanannya.

 

3. Manfaatkan Kesempatan yang Ada

Padang Wijaksono, Direktur Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, mengatakan pengusaha muda perlu memanfaatkan kolaborasi, sinergi, dan peluang kolaborasi di berbagai jaringan komunitas.

Mendukung lembaga pembelajaran dan mendanai start-up melalui kampus seperti Program Inkubasi Bisnis Universitas Pertamina juga dapat menjadi  solusi pengembangan bisnis.

Jika ada hal demikian yang terjadi, ada baiknya kamu sebagai mahasiswa yang akan memulai bisnis baru atau tengah merintis bisnis baru, mencoba untuk mengikuti program-program tersebut.

 

4. Hajar segala Tantangan

Dita Aisyah, co-founder dan chief business development officer BinarAcademy, menambahkan bahwa dalam berwirausaha, penting untuk melihat setiap tantangan yang Kamu hadapi sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis Kamu.

 

5. Berani untuk Memulai

Terakhir, Andy F. Noya mendorong siswa untuk memulai dari yang kecil. Menurutnya, akses mengenai permodalan, kemitraan antar pebisnis dan kolaborasi kini terbuka lebar. Generasi muda  perlu memiliki keberanian untuk melangkah maju.

 

Itulah beberapa tips ide bisnis dari Rudius Media. Semoga bisa bermanfaat ya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *