Inilah Cara Menghapus Memori Sistem HP Realme dengan Mudah

cara menghapus memori sistem

Salam hangat, Hai Sobat Rudius Media! Di era digital seperti sekarang ini, smartphone menjadi barang yang wajib dimiliki oleh hampir setiap orang. Salah satu merek smartphone yang banyak diminati adalah Realme. Namun, terkadang pengguna Realme merasa keberatan dengan penyimpanan yang cepat penuh. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menghapus memori sistem HP Realme.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah data yang tersimpan pada aplikasi untuk mempercepat proses loading saat membuka aplikasi tersebut. Namun, cache bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada HP Realme. Oleh karena itu, cara pertama untuk menghapus memori sistem HP Realme adalah dengan membersihkan cache aplikasi. Sobat Rudius Media dapat melakukan hal ini dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus cache.

2. Hapus Data Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Selain cache, data aplikasi juga bisa memakan banyak ruang penyimpanan pada HP Realme. Oleh karena itu, Sobat Rudius Media dapat menghapus data aplikasi yang tidak diperlukan. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus data.

3. Hapus Berkas Unduhan

Berkas unduhan seperti file PDF, video, dan musik yang telah diunduh juga memakan ruang penyimpanan pada HP Realme. Oleh karena itu, Sobat Rudius Media dapat menghapus berkas unduhan yang tidak diperlukan. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan > File Manager > Unduhan > Pilih berkas unduhan > Hapus.

4. Hapus Berkas Sampah

Berkas sampah seperti foto yang tidak terpakai, file yang terduplikasi, atau file yang tidak teratur juga memakan ruang penyimpanan pada HP Realme. Oleh karena itu, Sobat Rudius Media dapat menghapus berkas sampah dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner.

Baca Juga :  Cara Beralih dari Akun Bisnis Menjadi Akun Biasa di Instagram

5. Gunakan Google Foto

Google Foto adalah aplikasi penyimpanan foto online yang disediakan oleh Google. Sobat Rudius Media dapat menggunakan Google Foto untuk menyimpan foto-foto tanpa harus khawatir memakan banyak ruang penyimpanan pada HP Realme.

6. Gunakan Aplikasi Pembersih HP

Sobat Rudius Media juga dapat menggunakan aplikasi pembersih HP untuk membersihkan memori sistem HP Realme. Beberapa aplikasi pembersih HP yang direkomendasikan adalah Clean Master, CCleaner, dan SD Maid.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang tidak diperlukan juga memakan banyak ruang penyimpanan pada HP Realme. Oleh karena itu, Sobat Rudius Media dapat menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus.

8. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Jika HP Realme Sobat Rudius Media dilengkapi dengan slot kartu SD, maka aplikasi juga bisa dipindahkan ke kartu SD untuk menghemat ruang penyimpanan pada memori sistem. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih aplikasi > Pindahkan ke kartu SD.

Kesimpulan

Menghapus memori sistem HP Realme bukanlah hal yang sulit. Sobat Rudius Media dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk membersihkan memori sistem dan menghemat ruang penyimpanan pada HP Realme. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sobat Rudius Media dapat merawat HP Realme agar tetap optimal dan tidak cepat penuh.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Recommended For You

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *