Banyak orang tahu bahwa minyak jelantah merupakan minyak bekas yang telah digunakan berulang kali. Minyak jelantah ini masuk sebagai kategori limbah karena dapat merugikan kesehatan orang yang menggunakannya serta dapat merusak lingkungan jika dibuang begiru saja. Anda akan banyak sekali menemukan minyak jelantah dalam berbagai industri pengolahan makanan seperti pada penjual makanan cepat saji maupun di rumah-rumah warga.

Manfaat Minyak Jelantah

Meskipun minyak jelantah masuk sebagai kategori limbah, minyak jelantah tersebut masih memiliki nilai guna. Minyak jelantah sebagai limbah masih bisa anda manfaatkan mulai dari untuk keperluan rumah tangga hingga industri.

Untuk keperluan rumah tangga, minyak jelantah dapat anda manfaatkan untuk keperluan lain selain memasak, misalnya dapat anda manfaatkan sebagai alat pelumas rumah tangga, seperti untuk engsel. Minyak ini juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan noda cat di kulit dan sebagai pupuk kompos tanaman.

Sedangkan untuk keperluan industri, minyak jelantah bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk anda. Hal itu karena minyak jelantah memiliki nilai pasar yang cukup tinggi. Minyak jelantah memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Hal itu karena daur ulang minyak jelantah bisa menghasilkan produk turunan berupa biodiesel. Biodiesel ini kemudian dapat orang-orang gunakan sebagai pengganti minyak solar untuk mesin diesel pada alat transportasi maupun industri.

Tips Memulai Bisnis Minyak Jelantah

Pastikan ada kebutuhan minyak jelantah

Sebelum memulai bisnis minyak jelantah, anda harus melakukan riset terlebih dahulu terkait kebutuhan minyak jelantah di pasaran. Itu merupakan hal yang penting supaya kamu dapat mengetahui sejauh mana kebutuhan minyak jelantah.

Perhatikan juga kebutuhan minyak jelantah dalam negeri. Misalnya sedang terjadi kelangkaan bbm di beberapa daerah. Anda bisa mengambil peluang dari kejadian tesebut karena minyak jelantah akan banyak orang butuhkan untuk pasokan biodiesel.

Selain itu, anda juga harus memiliki pengetahuan akan kebutuhan minyak jelantah di luar negeri. Hal itu harus anda lakukan mengingat harga ekspornya jauh lebih tinggi. Sehingga anda bisa dengan mudah mengekspor minyak jelantah tersebut

Bangun jaringan bisnis

Membangun jaringan bisnis ini sangat penting untuk anda lakukan. Ada harus memiliki hal tersebut agar anda bisa saling bertukar informasi dan menjalin koneksi bisnis dengan banyak orang.

Anda bisa bergabung ke dalam berbagai organisasi seperti himpunan pengusaha muda indonesia atau hipmi yang akan sangat berguna supaya anda bisa mendapatkan relasi dengan pengusaha lain.

Libatkan masyarakat sekitar

Dalam memulai bisnis minyak jelantah, anda harus melibatkan masyarakat kelangsungan bisnis minyak jelantah anda.

Masyarakat bisa menjadi sumber pemasok minyak jelantah dalam bisnisanda. Serta anda dapat membantu mereka dengan memberi imbalan saat memperolah minyak jelantah dari mereka.

Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik untuk anda sebagai pemilik bisnis minyak jelantah maupun masyarakat yang sudah tidak menggunakan minyak jelantah.

Terus lakukan inovasi

Terus melakukan inovasi menjadi salah satu aspek yang selalu penting dalam kegiatan berbisnis. Hal tersebut juga harus anda lakukan dalam bisnis minyak jelantah. Inovasi dapat anda lakukan pada pengumpulan maupun saat penjualan minyak jelantah.

Contohnya pada proses mengumpulkan minyak jelantah, anda dapat menerapkan sistem bak sampah sebagai cara untuk mendapatkan minyak jelantah tersebut. Cara tersebut dapat anda lakukan dengan membuat bak jelantah per rt atau rw.

Itulah manfaat dari minyak jelantah dan tips untuk memulai bisnis dengan minyak jelantah. Anda bisa membuat usaha minyak jelantah anda sendiri dan rasakan manfaatnya! Sekian dari Rudius Media ya, semoga anda bisa manfaatkan segala hal yang terbuang sia-sia.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *